1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

Silaturahmi Paguyuban Peradilan Agama Sewilayah Lampung

Silaturahmi Paguyuban Peradilan Agama Sewilayah Lampung

Bandar Lampung | pta-bandarlampung.go.id

Setelah sekian lama Paguyuban Peradilan Agama Sewilayah Lampung tidak saling bertemu, pada Jum’at (7/72017) dalam undangan KPTA Bandar Lampung pada akhirnya dapat saling bertemu kembali. Bertempat di Ruang Serbaguna Lt.2 Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung, para Isteri Pimpinan Peradilan Agama Sewilayah PTA Bandar Lampung dikumpulkan dalam sebuah acara pertemuan Silaturahm... Read more...

Pimpinan PTA Sampaikan Evaluasi Semester I Tahun 2017

 Pimpinan PTA Sampaikan Evaluasi Semester I Tahun 2017

Bandar Lampung | pta-bandarlampung.go.id

Pimpinan PTA Sampaikan Evaluasi Program Kerja Semester I Tahun 2017 pada Jumat (7/7/2017). Rapat Evaluasi yang diselenggarakan di Ruang Aula Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung dihadiri oleh Ketua, Wakil Ketua, Panitera dan Sekretaris Pengadilan Agama sewilayah Lampung dan Pejabat Struktural dan Fungsional Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung.


Membuka acara... Read more...

Santuni Anak Yatim Lengkapi Acara Nuzulul Qur’an dan Buka Puasa Bersama Keluarga Besar PTA Bandar Lampung

Santuni Anak Yatim Lengkapi Acara Nuzulul Qur’an dan Buka Puasa Bersama Keluarga Besar PTA Bandar Lampung


Lampung|pta-bandarlampung.go.id

Kamis (15/6/2017), Bulan Ramadhan umat muslim berlomba-lomba meraih  keberkahan dan ampunan dari Allah SWT, mencari pahala sebanyak-banyaknya karena dibulan Ramadhan... Read more...

Tadarus Tetap Aktif di Sepuluh Hari Terakhir Bulan Suci Ramadhan

Tadarus Tetap Aktif di Sepuluh Hari Terakhir Bulan Suci Ramadhan

Bandar Lampung|pta-bandarlampung.go.id

Senin (19/06/2017),  meskipun telah masuk di 10 hari terakhir bulan suci Ramadhan, namun suasana tadarus di Masjid Al-Mahkamah Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung tetap ramai seperti hari-hari sebelumnya. Kegiatan tadarus di Masjid Al-Mahkamah dibagi menjadi 12 kelompok tadarus yang masing-masing beranggotakan mulai dari dua orang sampai dengan 12 orang.

Read more...

Berpuasa Menuju Taqwa

Berpuasa Menuju Taqwa


Lampung|pta-bandarlampung.go.id

Puasa itu salah satu sebab terbesar menuju ketaqwaan, karena orang yang berpuasa telah melaksanakan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya.

Read more...

Perkaya Diri Dengan Bahas Kitab

Perkaya Diri Dengan Bahas Kitab

Lampung|pta-bandarlampung.go.id

Memasuki bulan suci Ramadhan tahun 1438 Hijriah pengurus IKAHI (Ikatan Hakim Indonesia) Cabang Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung mengadakan kegiatan membahas kitab, yang diadakan setiap ... Read more...

Urgensi Zakat Fitrah Di Bulan Ramadhan

Urgensi Zakat Fitrah Di Bulan Ramadhan

Lampung|pta-bandarlampung.go.id

Kali ini, Tausiyah disampaikan oleh Drs. H. Imamuddin, SH, yang merupakan Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung, yang dilaksanakan di Masjid Al Mahkamah Pengadilan ... Read more...

Meng-Update Iman Dengan Lafadz Ini

Meng-Update Iman Dengan Lafadz Ini

Lampung|pta-bandarlampung.go.id

Seberapa sering kita meng-update berita sehari-hari? Seberapa sering kita update status di media sosial? Tapi, seberapa seringkah kita meng-update keimanan kita yang terus menuru... Read more...

Saya Indonesia, Saya Pancasila.

Saya Indonesia, Saya Pancasila.

Bandar Lampung | pta-bandarlampung.go.id
Saya Indonesia, Saya Pancasila, itulah tema Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2017. Kamis (1/6/2017), tepat pukul 07.45, Seluruh Warga Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung turut memperingati hari lahirnya pancasila dengan melaksanakan Upacara Peringatan Hari Lahirnya Pancasila di Lapangan Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung.

... Read more...

Golongan Yang Dirindukan Syurga

Golongan Yang Dirindukan Syurga

Inilah Empat Golongan Yang Dirindukan Syurga


Lampung|pta-bandarlampung.go.id

Pada t... Read more...

Bulan Ramadhan, Bulan Investasi

Bulan Ramadhan, Bulan Investasi

Bulan Ramadhan, Bulan Investasi

Lampung|pta-ban... Read more...

  • Silaturahmi Paguyuban Peradilan Agama Sewilayah Lampung

  •  Pimpinan PTA Sampaikan Evaluasi Semester I Tahun 2017

  • Santuni Anak Yatim Lengkapi Acara Nuzulul Qur’an dan Buka Puasa Bersama Keluarga Besar PTA Bandar Lampung

  • Tadarus Tetap Aktif di Sepuluh Hari Terakhir Bulan Suci Ramadhan

  • Berpuasa Menuju Taqwa

  • Perkaya Diri Dengan Bahas Kitab

  • Urgensi Zakat Fitrah Di Bulan Ramadhan

  • Meng-Update Iman Dengan Lafadz Ini

  • Saya Indonesia, Saya Pancasila.

  • Golongan Yang Dirindukan Syurga

  • Bulan Ramadhan, Bulan Investasi


Pengadilan Agama KaliandaBahwa sebelum Pengadilan Agama Kalianda berdiri, masyarakat pencari keadilan mengajukan perkaranya ke Pengadilan Agama Tanjung Karang, maka sejak diresmikan pertama kali tanggal 11 Pebruari 1982 oleh Menteri Dalam Negeri berdasarkan surat Keputusan Menteri Agama Nomor : 95 dan 96 Tahun 1982 Tentang Pembentukan Beberapa Pengadilan Agama di Indonesia, termasuk didalamnya Pengadilan Agama Kalianda yang mulai kegiatan operasionalnya pada bulan Oktober 1983 dengan Kantor menyewa rumah penduduk didaerah perempatan Jalan Kalianda Bawah. 

Pengadilan Agama Kalianda mulai melakukan kegiatan dengan jumlah Personil 8 (delapan) orang. sebagai Ketua ABDULLAH DHIA,SH.dan HUSNI LUKMAN sebagai Panitera Kepala, dan 6 (enam) tenaga administrasi  serta dibantu oleh 3 (tiga) orang Hakim Honor;

Pada tahun 1984 Pengadilan Agama Kalianda mendapat tanah berukuran 2.960 M2 dan dibangunlah gedung baru berukuran 150 M2 yang terletak di jalan Indra Bangsawan No. 41 Kalianda dan diresmikan pada tanggal 24 Januari 1984 oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palembang yang dijabat oleh Drs. H. ROIHAN A.RASYID, Bc.Hk. yang membawahi wilayah Pengadilan Agama se Sumatra Bagian Selatan ( Palembang, Bengkulu dan Lampung),  Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama RI.Nomor 26 Tahun 1983 yang disempurnakan dengan Keputusan Menteri Agama RI. Nomor : 42 tahun 1984 Pengadilan Agama Kalianda dikatagorikan sebagai Pengadilan Agama Kelas II A.

Dikarenakan wilayah hukum Pengadilan Agama Kalianda sangat luas, maka dipandang perlu melaksanakan sidang keliling untuk beberapa wilayah untuk melayani masyarakat pencari keadilan secara optimal yang meliputi wilayah Lampung Selatan bagian Barat ( yang  sekarang sebagian  besar  wilayahnya  menjadi  bagian  wilayah  Pengadilan  Agama  Tanggamus ). Untuk sidang keliling yang ada di Kecamatan Gedong Tataan menumpang di Kantor Urusan Agama Kecamatan Gedong Tataan, sedangkan sidang keliling di daerah Kecamatan Talang Padang menumpang di balai sidang keliling Pengadilan Negeri Kalianda. Kemudian pada tahun 1986 mendapat anggaran proyek pembelian tanah seluas 939 M2 dan dibangunlah Gedung Balai sidang Pengadilan Agama Kalianda yang bertempat di Kecamatan Gedong Tataan berukuran 70 M2 yang di resmikan pemakaianya oleh ABDULLAH DHIA, SH. ( sebagai Ketua Pengadilan Agama Kalianda ) pada tanggal 24 Januari 1986 dan sampai sekarang gedung Balai sidang tersebut masih dipergunakan sidang keliling sekali dalam satu minggu, namun gedungnya pada saat ini dalam kaeadaan rusak ringan.

Pada tanggal 27 Oktober 1990 dibangun lagi gedung baru berukuran 172,40 meter persegi yang berdampingan dengan bangunan gedung yang lama dan pada  bulan Oktober 1995 dibangun lagi ruang sidang berukuran 39,16 meter persegi yang terletak diantara dua gedung yang dibangun sebelumnya. Kemudian pada tahun Anggaran 2007 DIPA Pengadilan Agama Kalianda mendapat belanja modal rehabilitasi Gedung karena tidak ada tempat maka dibongkarlah gedung/balai sidang yang lama ukuran 172,40 M2 yang dibuat tahun 1990, dan ditempat tersebut dibangunlah Gedung Kantor baru berlantai 2 (dua)  berukuran  540 M2, dan pada tahun anggaran 2008  DIPA Pengadilan Agama Kalianda mendapat belanja modal rehabilitasi Gedung tahap kedua, maka dibongkarlah gedung/balai sidang yang lama ukuran 150 M2 yang dibuat tahun l984 ditempat tersebut dibangunlah Gedung Kantor baru berlantai 2 (dua) berukuran  300 M2. Pada tahun anggaran 2009  DIPA Pengadilan Agama Kalianda mendapat belanja modal untuk membangun sarana pagar disekeliling, Kantor Pos Satpam, gerbang, dan tugu nama Pengadilan serta jalan masuk kantor, sehingga halaman kantor yang semula menghadap jalan Indra Bangsawan No. 41 Kalianda, sekarang menghadap jalan Kolonel Makmun Rasyid No. 48 Kalianda .

  1. PENGADUAN
  2. BANTUAN HUKUM
  3. PERMOHONAN INFORMASI
  4. STANDAR PELAYANAN
  5. DIREKTORI PUTUSAN BANDING

   Syarat dan tata cara pengaduan mengacu pada Lampiran Keputusan  Ketua Mahkamah Agung RI No. 076/KMA/SK/VI/2009 tanggal 4 Juni 2009, tentang Pedoman Pelaksanaan Penanganan Pengaduan di Lingkungan Lembaga Peradilan.

(Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor : 076/KMA/SK/VI/2009 Tentang Pedoman Pelaksanaan Penanganan Pengaduan Di Lingkungan Lembaga Peradilan)


 

Mahkamah Agung RI pada tanggal 9 Januari 2014 telah menerbitkan Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan.

 


 


Ketua Mahkamah Agung RI pada tanggal 5 Januari 2011 telah  menerbitkan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 1-144/KMA/SK/I/2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan.