1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

"HUT PTA Bandar Lampung Ke-25 Tahun Berlangsung Sukses"

Bandar Lampung | www.pta-bandarlampung.go.id

Tepat pada tanggal, 8 Februari Tahun 2018 dijadikan Momentum Hari Ulang Tahun PTA Bandar Lampung Tahun 2018 Genap sudah Instansi Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung berusia 25 Tahun, Hari minggu tanggal 11 Februari 2018, perhelatan H.U.T PTA Bandar Lampung dirayakan dengan support dukungan p... Kunjungi dan Baca Selengkapnya..

Sekma : 2018 Tahun bersih-bersih

Sekma : 2018 Tahun bersih-bersih

Bandar Lampung, www.pta-bandarlampung.go.id

Mengawali tahun 2018, Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung menyelenggarakan Rapat Kerja Daerah Peradilan Agama se-Provinsi Lampung yang dilaksanakan pada hari Kamis (1 /02) di Swissbell Hotel Lampung yang dihadiri oleh Sekretaris Mahkamah Agung RI, H. Achmad Setyo Pudjoharsoyo, SH,M.Hu... Kunjungi dan Baca Selengkapnya..

Di Akhir Tahun 2017, SIPP PA Tulang Bawang Meraih Predikat Hijau, Rasio Penanganan Perkara diatas 94, 44%.

Di Akhir Tahun 2017, SIPP PA Tulang Bawang Meraih Predikat Hijau, Rasio Penanganan Perkara diatas 94, 44%.

Bandar Lampung |pta-bandarlampung.go.id

Bandarlampung, di penghujung akhir tahun 2017 ini ada kebanggaan tersendiri bagi keluarga besar Pengadilan Tinggi Agama Bandarlampung yang telah melakukan pembinaan dan mengantarkan PA Tulang Bawang meraih predikat yang membanggakan dari 9 satker PA yang ada diwilayah PTA Banda... Kunjungi dan Baca Selengkapnya..

Upgrading JS dan JSP, Diikuti Peserta dengan Penuh Antusias

Upgrading JS dan JSP, Diikuti Peserta dengan Penuh Antusias

Bandar Lampung |pta-bandarlampung.go.id


Di penghujung tahun 2017, Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung kembali melakukan inovasi yakni dalam bidang perubahan mental dan budaya kerja para Jurusita dan Jurusita Pengganti Peradilan Agama Seprovinsi Lampung sebanyak enam puluh empat orang.

Kunjungi dan Baca Selengkapnya..

Peringati hari ibu, Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung Laksanakan Upacara

Peringati hari ibu, Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung Laksanakan Upacara


Bandar Lampung|pta-bandarlampung.go.id


Segenap Pimpinan, Pejabat struktural dan fungsional, pegawai serta tenaga kontrak Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung dan Pengadilan Agama Tanjung Karang melaksanakan upacara peringatan hari ibu pada Jum’at, 22 Desember 2017 di Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung.

Kunjungi dan Baca Selengkapnya..

Penghargaan KI Lampung Kepada PTA

Penghargaan KI Lampung Kepada PTA

PTA Bandar Lampung Raih Peringkat II Keterbukaan Informasi di Provinsi Lampung

Bandarlampung, www.pta-bandarlampung.go.id

Memasuki penghujung tahun 2017, tepat tanggal 6 Desember 2017 Komisi Informasi Provinsi Lampung memberikan Anugerah Peringk... Kunjungi dan Baca Selengkapnya..

Wakil Ketua PTA Raih Gelar Doktor

Wakil Ketua PTA Raih Gelar Doktor

Yogyakarta | pta-bandarlampung.go.id
Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung, Drs. H. Syahril, S.H., M.H., akihrnya berhasil meraih gelar Doktor Hukum Islam pada Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta. Dalam Sidang Terbuka yang dilaksanakan pada Rabu (8/11/2017) pukul 13.00 WIB, ia menjabarkan Disertasinya tentang “PERADILAN AGAMA SEBAGAI PERADILAN NEGARA DALAM DINAMIKA CITA HUKUM INDONESI... Kunjungi dan Baca Selengkapnya..

Inilah 3 Kewajiban Manusia terhadap Al-Qur’an

Inilah 3 Kewajiban Manusia terhadap Al-Qur’an

Lampung|pta-bandarlampung.go.id
Al-Qur’an, Kitab suci Umat Islam yang pasti sudah tidak asing lagi di telinga kita semua. Al-Qur’an adalah kitab suci yang Allah turunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Beliau-lah Nabi dan Rasul terakhir, pun dengan Al-Qur’an yang menjadi kitab suci terakhir. Al-Qur’an bukan dibuat oleh Nabi Muhammad, sebab beliau tidak bisa membaca. Nabi Muhammad SAW hanyalah perantara dar... Kunjungi dan Baca Selengkapnya..

Pelantikan Pengurus IPASPI Daerah Oleh Ketua Umum IPASPI Pusat

Pelantikan Pengurus IPASPI Daerah Oleh Ketua Umum IPASPI Pusat

Lampung|pta-bandarlampung.go.id
Selasa, 14 Nopember 2017, bertempat di Swiss Belhotel Bandar Lampung, Pengurus IPASPI (Ikatan Panitera-Sekretaris Pengadilan Indonesia) Lampung, telah resmi dilantik oleh Ketua Umum IPASPI Pusat Dr. H. Teuku Ilzanor,SH,SE,M.Hum, Periode 2016-2019.

<... Kunjungi dan Baca Selengkapnya..

KPTA Bandar Lampung Sampaikan Hasil Pembinaan Ketua MA

KPTA Bandar Lampung Sampaikan Hasil Pembinaan Ketua MA

Lampung|pta-bandarlampung.go.id
Senin (13/11/2017), seluruh Hakim, Panitera dan Sekretaris serta seluruh pegawai PTA Bandar Lampung memenuhi ruang Aula PTA Bandar Lampung guna mendengarkan hasil Pembinaan Ketua Mahkamah Agung RI pada saat sesudah Pelantikan 5 orang Hakim Agung di Jakarta oleh Ketua PTA Bandar Lampung Drs.H.Endang Ali ... Kunjungi dan Baca Selengkapnya..

Peringatan Hari Pahlawan 2017 "Perkokoh Persatuan Membangun Negeri"

Peringatan Hari Pahlawan 2017

Bandar Lampung, Jum’at 10 November 2017, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung Drs. H. Endang Ali Ma’sum,SH.,MH memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan Nasional dihalaman parkir Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung, Upacara yang dimulai sejak pukul 08.00 WIB ini berjalan dengan penuh khidmat, tertib dan sederhana.

Kunjungi dan Baca Selengkapnya..

Pengadilan Agama KaliandaBahwa sebelum Pengadilan Agama Kalianda berdiri, masyarakat pencari keadilan mengajukan perkaranya ke Pengadilan Agama Tanjung Karang, maka sejak diresmikan pertama kali tanggal 11 Pebruari 1982 oleh Menteri Dalam Negeri berdasarkan surat Keputusan Menteri Agama Nomor : 95 dan 96 Tahun 1982 Tentang Pembentukan Beberapa Pengadilan Agama di Indonesia, termasuk didalamnya Pengadilan Agama Kalianda yang mulai kegiatan operasionalnya pada bulan Oktober 1983 dengan Kantor menyewa rumah penduduk didaerah perempatan Jalan Kalianda Bawah. 

Pengadilan Agama Kalianda mulai melakukan kegiatan dengan jumlah Personil 8 (delapan) orang. sebagai Ketua ABDULLAH DHIA,SH.dan HUSNI LUKMAN sebagai Panitera Kepala, dan 6 (enam) tenaga administrasi  serta dibantu oleh 3 (tiga) orang Hakim Honor;

Pada tahun 1984 Pengadilan Agama Kalianda mendapat tanah berukuran 2.960 M2 dan dibangunlah gedung baru berukuran 150 M2 yang terletak di jalan Indra Bangsawan No. 41 Kalianda dan diresmikan pada tanggal 24 Januari 1984 oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palembang yang dijabat oleh Drs. H. ROIHAN A.RASYID, Bc.Hk. yang membawahi wilayah Pengadilan Agama se Sumatra Bagian Selatan ( Palembang, Bengkulu dan Lampung),  Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama RI.Nomor 26 Tahun 1983 yang disempurnakan dengan Keputusan Menteri Agama RI. Nomor : 42 tahun 1984 Pengadilan Agama Kalianda dikatagorikan sebagai Pengadilan Agama Kelas II A.

Dikarenakan wilayah hukum Pengadilan Agama Kalianda sangat luas, maka dipandang perlu melaksanakan sidang keliling untuk beberapa wilayah untuk melayani masyarakat pencari keadilan secara optimal yang meliputi wilayah Lampung Selatan bagian Barat ( yang  sekarang sebagian  besar  wilayahnya  menjadi  bagian  wilayah  Pengadilan  Agama  Tanggamus ). Untuk sidang keliling yang ada di Kecamatan Gedong Tataan menumpang di Kantor Urusan Agama Kecamatan Gedong Tataan, sedangkan sidang keliling di daerah Kecamatan Talang Padang menumpang di balai sidang keliling Pengadilan Negeri Kalianda. Kemudian pada tahun 1986 mendapat anggaran proyek pembelian tanah seluas 939 M2 dan dibangunlah Gedung Balai sidang Pengadilan Agama Kalianda yang bertempat di Kecamatan Gedong Tataan berukuran 70 M2 yang di resmikan pemakaianya oleh ABDULLAH DHIA, SH. ( sebagai Ketua Pengadilan Agama Kalianda ) pada tanggal 24 Januari 1986 dan sampai sekarang gedung Balai sidang tersebut masih dipergunakan sidang keliling sekali dalam satu minggu, namun gedungnya pada saat ini dalam kaeadaan rusak ringan.

Pada tanggal 27 Oktober 1990 dibangun lagi gedung baru berukuran 172,40 meter persegi yang berdampingan dengan bangunan gedung yang lama dan pada  bulan Oktober 1995 dibangun lagi ruang sidang berukuran 39,16 meter persegi yang terletak diantara dua gedung yang dibangun sebelumnya. Kemudian pada tahun Anggaran 2007 DIPA Pengadilan Agama Kalianda mendapat belanja modal rehabilitasi Gedung karena tidak ada tempat maka dibongkarlah gedung/balai sidang yang lama ukuran 172,40 M2 yang dibuat tahun 1990, dan ditempat tersebut dibangunlah Gedung Kantor baru berlantai 2 (dua)  berukuran  540 M2, dan pada tahun anggaran 2008  DIPA Pengadilan Agama Kalianda mendapat belanja modal rehabilitasi Gedung tahap kedua, maka dibongkarlah gedung/balai sidang yang lama ukuran 150 M2 yang dibuat tahun l984 ditempat tersebut dibangunlah Gedung Kantor baru berlantai 2 (dua) berukuran  300 M2. Pada tahun anggaran 2009  DIPA Pengadilan Agama Kalianda mendapat belanja modal untuk membangun sarana pagar disekeliling, Kantor Pos Satpam, gerbang, dan tugu nama Pengadilan serta jalan masuk kantor, sehingga halaman kantor yang semula menghadap jalan Indra Bangsawan No. 41 Kalianda, sekarang menghadap jalan Kolonel Makmun Rasyid No. 48 Kalianda .

  1. PENGADUAN
  2. BANTUAN HUKUM
  3. PERMOHONAN INFORMASI
  4. STANDAR PELAYANAN
  5. DIREKTORI PUTUSAN BANDING

   Syarat dan tata cara pengaduan mengacu pada Lampiran Keputusan  Ketua Mahkamah Agung RI No. 076/KMA/SK/VI/2009 tanggal 4 Juni 2009, tentang Pedoman Pelaksanaan Penanganan Pengaduan di Lingkungan Lembaga Peradilan.

(Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor : 076/KMA/SK/VI/2009 Tentang Pedoman Pelaksanaan Penanganan Pengaduan Di Lingkungan Lembaga Peradilan)


 

Mahkamah Agung RI pada tanggal 9 Januari 2014 telah menerbitkan Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan.

 


 


Ketua Mahkamah Agung RI pada tanggal 5 Januari 2011 telah  menerbitkan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 1-144/KMA/SK/I/2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan.