1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

Silaturahmi Paguyuban Peradilan Agama Sewilayah Lampung

Silaturahmi Paguyuban Peradilan Agama Sewilayah Lampung

Bandar Lampung | pta-bandarlampung.go.id

Setelah sekian lama Paguyuban Peradilan Agama Sewilayah Lampung tidak saling bertemu, pada Jum’at (7/72017) dalam undangan KPTA Bandar Lampung pada akhirnya dapat saling bertemu kembali. Bertempat di Ruang Serbaguna Lt.2 Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung, para Isteri Pimpinan Peradilan Agama Sewilayah PTA Bandar Lampung dikumpulkan dalam sebuah acara pertemuan Silaturahm... Read more...

Pimpinan PTA Sampaikan Evaluasi Semester I Tahun 2017

 Pimpinan PTA Sampaikan Evaluasi Semester I Tahun 2017

Bandar Lampung | pta-bandarlampung.go.id

Pimpinan PTA Sampaikan Evaluasi Program Kerja Semester I Tahun 2017 pada Jumat (7/7/2017). Rapat Evaluasi yang diselenggarakan di Ruang Aula Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung dihadiri oleh Ketua, Wakil Ketua, Panitera dan Sekretaris Pengadilan Agama sewilayah Lampung dan Pejabat Struktural dan Fungsional Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung.


Membuka acara... Read more...

Santuni Anak Yatim Lengkapi Acara Nuzulul Qur’an dan Buka Puasa Bersama Keluarga Besar PTA Bandar Lampung

Santuni Anak Yatim Lengkapi Acara Nuzulul Qur’an dan Buka Puasa Bersama Keluarga Besar PTA Bandar Lampung


Lampung|pta-bandarlampung.go.id

Kamis (15/6/2017), Bulan Ramadhan umat muslim berlomba-lomba meraih  keberkahan dan ampunan dari Allah SWT, mencari pahala sebanyak-banyaknya karena dibulan Ramadhan... Read more...

Tadarus Tetap Aktif di Sepuluh Hari Terakhir Bulan Suci Ramadhan

Tadarus Tetap Aktif di Sepuluh Hari Terakhir Bulan Suci Ramadhan

Bandar Lampung|pta-bandarlampung.go.id

Senin (19/06/2017),  meskipun telah masuk di 10 hari terakhir bulan suci Ramadhan, namun suasana tadarus di Masjid Al-Mahkamah Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung tetap ramai seperti hari-hari sebelumnya. Kegiatan tadarus di Masjid Al-Mahkamah dibagi menjadi 12 kelompok tadarus yang masing-masing beranggotakan mulai dari dua orang sampai dengan 12 orang.

Read more...

Berpuasa Menuju Taqwa

Berpuasa Menuju Taqwa


Lampung|pta-bandarlampung.go.id

Puasa itu salah satu sebab terbesar menuju ketaqwaan, karena orang yang berpuasa telah melaksanakan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya.

Read more...

Perkaya Diri Dengan Bahas Kitab

Perkaya Diri Dengan Bahas Kitab

Lampung|pta-bandarlampung.go.id

Memasuki bulan suci Ramadhan tahun 1438 Hijriah pengurus IKAHI (Ikatan Hakim Indonesia) Cabang Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung mengadakan kegiatan membahas kitab, yang diadakan setiap ... Read more...

Urgensi Zakat Fitrah Di Bulan Ramadhan

Urgensi Zakat Fitrah Di Bulan Ramadhan

Lampung|pta-bandarlampung.go.id

Kali ini, Tausiyah disampaikan oleh Drs. H. Imamuddin, SH, yang merupakan Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung, yang dilaksanakan di Masjid Al Mahkamah Pengadilan ... Read more...

Meng-Update Iman Dengan Lafadz Ini

Meng-Update Iman Dengan Lafadz Ini

Lampung|pta-bandarlampung.go.id

Seberapa sering kita meng-update berita sehari-hari? Seberapa sering kita update status di media sosial? Tapi, seberapa seringkah kita meng-update keimanan kita yang terus menuru... Read more...

Saya Indonesia, Saya Pancasila.

Saya Indonesia, Saya Pancasila.

Bandar Lampung | pta-bandarlampung.go.id
Saya Indonesia, Saya Pancasila, itulah tema Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2017. Kamis (1/6/2017), tepat pukul 07.45, Seluruh Warga Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung turut memperingati hari lahirnya pancasila dengan melaksanakan Upacara Peringatan Hari Lahirnya Pancasila di Lapangan Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung.

... Read more...

Golongan Yang Dirindukan Syurga

Golongan Yang Dirindukan Syurga

Inilah Empat Golongan Yang Dirindukan Syurga


Lampung|pta-bandarlampung.go.id

Pada t... Read more...

Bulan Ramadhan, Bulan Investasi

Bulan Ramadhan, Bulan Investasi

Bulan Ramadhan, Bulan Investasi

Lampung|pta-ban... Read more...

  • Silaturahmi Paguyuban Peradilan Agama Sewilayah Lampung

  •  Pimpinan PTA Sampaikan Evaluasi Semester I Tahun 2017

  • Santuni Anak Yatim Lengkapi Acara Nuzulul Qur’an dan Buka Puasa Bersama Keluarga Besar PTA Bandar Lampung

  • Tadarus Tetap Aktif di Sepuluh Hari Terakhir Bulan Suci Ramadhan

  • Berpuasa Menuju Taqwa

  • Perkaya Diri Dengan Bahas Kitab

  • Urgensi Zakat Fitrah Di Bulan Ramadhan

  • Meng-Update Iman Dengan Lafadz Ini

  • Saya Indonesia, Saya Pancasila.

  • Golongan Yang Dirindukan Syurga

  • Bulan Ramadhan, Bulan Investasi


Pengadilan Agama TanggamusWilayah Pengadilan Agama Tanggamus sebelumnya merupakan wilayah hukum Pengadilan Agama Kalianda Lampung Selatan, namun karena luasnya wilayah Kabupaten Lampung Selatan maka berdasarkan tuntutan masyarakat untuk mempermudah proses pemerataan pembangunan maka sesuai ketentuan diadakan pemekaran wilayah dengan penambahan kabupaten berdasarkan Undang-Undang No. 2 tahun 1997 maka terbentuklah Kabupaten Tanggamus. Dan diresmikan pada tanggal 20 Maret 1997 yang semula terdiri dari 17 Kecamatan hingga saat ini telah menjadi 18 Kecamatan.

 
Seiring dengan terbentuknya Kabupaten Tanggamus berdasarkan Pasal 4 Ayat 1 Undang-Undang No.7 Tahun 1989, maka dibentuk pula Pengadilan Agama Tanggamus berdasarkan KEPRES NO. 145 Tahun 1998 dan Kepaniteraannya dibentuk berdasarkan KMA No.014/SK/III/1999 kemudian pada tanggal 19 Maret 1999 bertepatan dengan tanggal 1 Dzulhijah 1419H diresmikannya Pengadilan Agama Tanggamus oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung Drs. H. Yusuf Ilyas, SH dengan wilayah hukum 17 Kecamatan dan mulai beroperasi dengan menyewa sebuah rumah ukuran 120m2 yang terletak di Jl. Ir. H. Juanda Kota Agung milik Ibu Mas'amah selama 2 (dua) tahun, kemudian pada tanggal 5 Mei 2000 Pengadilan Agama Tanggamus memperoleh hak pakai berupa tanah dari Bupati Kabupaten Tanggamus dengan luas keseluruhan 2000m2 berada dalam komplek PEMKAB Tanggamus di Jl. Jend. A. Yani, Gedung Kantor Pengadilan Agama Tanggamus yang pertama diperoleh dari APBN DIP DEPAG Nomor 081/XXIV/12/1/04/2000 tanggal 1 April Tahun 2000 dan mulai ditempati pada tanggal 19 Maret 2001. Pada tanggal 24 Maret 2003 menempati gedung Kantor Pengadilan Agama Tanggamus yang kedua ini merupakan perolehan dari APBN, DIP, DEPAG Nomor : 004/XXV/12/1/01 tanggal 1 Januari 2001, kemudian pada tanggal 8 Juli 2004 Pengadilan Agama Tanggamus telah memiliki Izin Mendirikan Bangunan dengan Nomor : 640.0099.KA.VI.19.2004 atas kedua bangunan gedung tersebut, yang luas seluruhnya adalah 275,5m2. Letak tanah bangunan kantor tersebut berbatasan dengan :

- Sebelah Utara berbatasan dengan kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Tanggamus.

- Sebelah Selatan berbatasan dengan Kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tanggamus.

- Sebelah Barat berbatasan dengan jalan kampung.

- Sebelah Timur berbatasan dengan Jalan Jend. A. Yani (dua jalur).

Sejak berdirinya Pengadilan Agama Tanggamus telah mengalami 5 (lima) Ketua, sebagai Ketua Pengadilan Pertama adalah Bapak Nasib, SH yang menjabat untuk periode 1999 sampai dengan tahun 2001, kemudian digantikan Pelaksana Tugas oleh Bapak Drs. Buchori pada tahun 2001, kemudian digantikan Pelaksana Tugas oleh Bapak Drs. H. Haeruman, SH tanggal 2002 sampai dengan tahun 2003, kemudian digantikan oleh Bapak Drs. A. Chairan Arif, MH dari tahun 2003 sampai dengan tahun 2005, kemudian digantikan oleh Bapak Drs. Abu Thalib Zisma pada tahun 2005 sampai dengan sekarang. Sedangkan untuk Panitera/ Sekretaris yang pertama adalah Bapak Drs. A. Nasrul MD dan yang kedua oleh Bapak Mukminin Husin, BA, kemudian pada bulan Januari tahun 2008 Panitera/ Sekretaris Pengadilan Agama Tanggamus adalah Bapak Ahmad Husain AM, SH.

Saat ini Pengadilan Agama Tanggamus sedang dalam proses pembangunan gedung berlantai dua Tahap Pertama melalui DIPA Pengadilan Agama Tanggamus Tahun Anggaran 2008 sedangkan untuk Tahap Kedua akan direalisasikan pada tahun 2009.

  1. PENGADUAN
  2. BANTUAN HUKUM
  3. PERMOHONAN INFORMASI
  4. STANDAR PELAYANAN
  5. DIREKTORI PUTUSAN BANDING

   Syarat dan tata cara pengaduan mengacu pada Lampiran Keputusan  Ketua Mahkamah Agung RI No. 076/KMA/SK/VI/2009 tanggal 4 Juni 2009, tentang Pedoman Pelaksanaan Penanganan Pengaduan di Lingkungan Lembaga Peradilan.

(Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor : 076/KMA/SK/VI/2009 Tentang Pedoman Pelaksanaan Penanganan Pengaduan Di Lingkungan Lembaga Peradilan)


 

Mahkamah Agung RI pada tanggal 9 Januari 2014 telah menerbitkan Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan.

 


 


Ketua Mahkamah Agung RI pada tanggal 5 Januari 2011 telah  menerbitkan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 1-144/KMA/SK/I/2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan.