1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

Wakil Ketua PTA Raih Gelar Doktor

Wakil Ketua PTA Raih Gelar Doktor

Yogyakarta | pta-bandarlampung.go.id
Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung, Drs. H. Syahril, S.H., M.H., akihrnya berhasil meraih gelar Doktor Hukum Islam pada Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta. Dalam Sidang Terbuka yang dilaksanakan pada Rabu (8/11/2017) pukul 13.00 WIB, ia menjabarkan Disertasinya tentang “PERADILAN AGAMA SEBAGAI PERADILAN NEGARA DALAM DINAMIKA CITA HUKUM INDONESI... Read more...

Inilah 3 Kewajiban Manusia terhadap Al-Qur’an

Inilah 3 Kewajiban Manusia terhadap Al-Qur’an

Lampung|pta-bandarlampung.go.id
Al-Qur’an, Kitab suci Umat Islam yang pasti sudah tidak asing lagi di telinga kita semua. Al-Qur’an adalah kitab suci yang Allah turunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Beliau-lah Nabi dan Rasul terakhir, pun dengan Al-Qur’an yang menjadi kitab suci terakhir. Al-Qur’an bukan dibuat oleh Nabi Muhammad, sebab beliau tidak bisa membaca. Nabi Muhammad SAW hanyalah perantara dar... Read more...

Pelantikan Pengurus IPASPI Daerah Oleh Ketua Umum IPASPI Pusat

Pelantikan Pengurus IPASPI Daerah Oleh Ketua Umum IPASPI Pusat

Lampung|pta-bandarlampung.go.id
Selasa, 14 Nopember 2017, bertempat di Swiss Belhotel Bandar Lampung, Pengurus IPASPI (Ikatan Panitera-Sekretaris Pengadilan Indonesia) Lampung, telah resmi dilantik oleh Ketua Umum IPASPI Pusat Dr. H. Teuku Ilzanor,SH,SE,M.Hum, Periode 2016-2019.

<... Read more...

KPTA Bandar Lampung Sampaikan Hasil Pembinaan Ketua MA

KPTA Bandar Lampung Sampaikan Hasil Pembinaan Ketua MA

Lampung|pta-bandarlampung.go.id
Senin (13/11/2017), seluruh Hakim, Panitera dan Sekretaris serta seluruh pegawai PTA Bandar Lampung memenuhi ruang Aula PTA Bandar Lampung guna mendengarkan hasil Pembinaan Ketua Mahkamah Agung RI pada saat sesudah Pelantikan 5 orang Hakim Agung di Jakarta oleh Ketua PTA Bandar Lampung Drs.H.Endang Ali ... Read more...

Peringatan Hari Pahlawan 2017 "Perkokoh Persatuan Membangun Negeri"

Peringatan Hari Pahlawan 2017

Bandar Lampung, Jum’at 10 November 2017, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung Drs. H. Endang Ali Ma’sum,SH.,MH memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan Nasional dihalaman parkir Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung, Upacara yang dimulai sejak pukul 08.00 WIB ini berjalan dengan penuh khidmat, tertib dan sederhana.

Read more...

UPACARA PERINGATAN HARI SUMPAH PEMUDA KE-89

UPACARA PERINGATAN HARI SUMPAH PEMUDA KE-89

Jum’at 27 Oktober 2017, bertempat di Lapangan Upacara Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung, dilaksanakan upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-89. Upacara yang dimulai sejak pukul 08.00 WIB ini berjalan dengan khidmat dan kesan semangat kepada para generasi muda yang memberikan harapan cemerlang di masa mendat... Read more...

Penilaian Komisi Informasi

Penilaian Komisi Informasi

PTA Lampung Lolos Verifikasi Self Assesment Questinnaire (SQA) Keterbukaan Informasi Publik

Bandarlampung, pta-bandarlampung.go.id.

Komisi Informasi Provinsi Lampung pada tahun 2017 ini, menyelenggarakan penilaian Keterbukaan Informasi Publik  bagi badan publik se Provinsi Lampung, penialaian ini dikelompokkan dalam kategori Org... Read more...

Siap Laksanakan Maklumat Ketua Mahkamah Agung RI, Hakim dan ASN PTA Bandar Lampung Tandatangani Surat Pernyataan

Siap Laksanakan Maklumat Ketua Mahkamah Agung RI, Hakim dan ASN PTA Bandar Lampung Tandatangani Surat Pernyataan

pta-bandarlampung.go.id|Bandar Lampung

Senin, (9/10/17) selepas apel pagi seluruh Hakim Tinggi dan Aparatur Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung menandatangani surat pernyataan siap melaksanakan Maklumat Ketua Mahkamah Agung RI. Maklumat yang dimaksud adalah Maklumat Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 01/Maklumat/KMA/IX/2017 tanggal 11 September 2017 yang dia... Read more...

Rekonstruksi Pemikiran Hakim Dalam Mewujudkan Supremasi Moral Justice

Rekonstruksi Pemikiran Hakim Dalam Mewujudkan Supremasi Moral Justice

Dr. H. Abdul Manaf, MH : Orang Yang Mempunyai Ilmu Pengetahuan adalah Orang Yang mempunyai Power.

Bandar Lampung, pta-bandarlampung.go.id

Orang Yang Mempunyai Ilmu Pengetahuan adalah Orang Yang mempunyai Power, demikian peng... Read more...

UPACARA PERINGATAN HARI KESAKTIAN PANCASILA DI PTA BANDAR LAMPUNG

UPACARA PERINGATAN HARI KESAKTIAN PANCASILA DI PTA BANDAR LAMPUNG

Bandarlampung, Senin 2 Oktober 2017 Pegawai Pengadilan Tinggi Agama Bandarlampung mengikuti Upacara memperingati hari Kesaktian Pancasila di halaman gedung Pengadilan Tinggi Agama Bandarlampung dipimpin oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bandarlampung Bapak Drs. H. Endang Ali Maksum, SH.MH.

Upacara bendera ini dilaksanakan demi mengenang jasa-jasa para pahlawan revolusi dan kesaktia... Read more...

Tandatangan Pernyataan Maklumat KMA

Tandatangan Pernyataan Maklumat KMA

Pimpinan Pengadilan Agama se-Provinsi Lampung

Tandatangani Maklumat Ketua Mahkamah Agung RI

Gunung Sugih, pta-bandarlampung.go.id

Terbitnya Maklumat Ketua Mahkamah Agung RI Nomor : 01/Maklumat/KMA/IX/2017 tanggal 17 September 2017 tentang Pengawasan dan ... Read more...

Previous
Next

Pengadilan Agama TanggamusWilayah Pengadilan Agama Tanggamus sebelumnya merupakan wilayah hukum Pengadilan Agama Kalianda Lampung Selatan, namun karena luasnya wilayah Kabupaten Lampung Selatan maka berdasarkan tuntutan masyarakat untuk mempermudah proses pemerataan pembangunan maka sesuai ketentuan diadakan pemekaran wilayah dengan penambahan kabupaten berdasarkan Undang-Undang No. 2 tahun 1997 maka terbentuklah Kabupaten Tanggamus. Dan diresmikan pada tanggal 20 Maret 1997 yang semula terdiri dari 17 Kecamatan hingga saat ini telah menjadi 18 Kecamatan.

 
Seiring dengan terbentuknya Kabupaten Tanggamus berdasarkan Pasal 4 Ayat 1 Undang-Undang No.7 Tahun 1989, maka dibentuk pula Pengadilan Agama Tanggamus berdasarkan KEPRES NO. 145 Tahun 1998 dan Kepaniteraannya dibentuk berdasarkan KMA No.014/SK/III/1999 kemudian pada tanggal 19 Maret 1999 bertepatan dengan tanggal 1 Dzulhijah 1419H diresmikannya Pengadilan Agama Tanggamus oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung Drs. H. Yusuf Ilyas, SH dengan wilayah hukum 17 Kecamatan dan mulai beroperasi dengan menyewa sebuah rumah ukuran 120m2 yang terletak di Jl. Ir. H. Juanda Kota Agung milik Ibu Mas'amah selama 2 (dua) tahun, kemudian pada tanggal 5 Mei 2000 Pengadilan Agama Tanggamus memperoleh hak pakai berupa tanah dari Bupati Kabupaten Tanggamus dengan luas keseluruhan 2000m2 berada dalam komplek PEMKAB Tanggamus di Jl. Jend. A. Yani, Gedung Kantor Pengadilan Agama Tanggamus yang pertama diperoleh dari APBN DIP DEPAG Nomor 081/XXIV/12/1/04/2000 tanggal 1 April Tahun 2000 dan mulai ditempati pada tanggal 19 Maret 2001. Pada tanggal 24 Maret 2003 menempati gedung Kantor Pengadilan Agama Tanggamus yang kedua ini merupakan perolehan dari APBN, DIP, DEPAG Nomor : 004/XXV/12/1/01 tanggal 1 Januari 2001, kemudian pada tanggal 8 Juli 2004 Pengadilan Agama Tanggamus telah memiliki Izin Mendirikan Bangunan dengan Nomor : 640.0099.KA.VI.19.2004 atas kedua bangunan gedung tersebut, yang luas seluruhnya adalah 275,5m2. Letak tanah bangunan kantor tersebut berbatasan dengan :

- Sebelah Utara berbatasan dengan kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Tanggamus.

- Sebelah Selatan berbatasan dengan Kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tanggamus.

- Sebelah Barat berbatasan dengan jalan kampung.

- Sebelah Timur berbatasan dengan Jalan Jend. A. Yani (dua jalur).

Sejak berdirinya Pengadilan Agama Tanggamus telah mengalami 5 (lima) Ketua, sebagai Ketua Pengadilan Pertama adalah Bapak Nasib, SH yang menjabat untuk periode 1999 sampai dengan tahun 2001, kemudian digantikan Pelaksana Tugas oleh Bapak Drs. Buchori pada tahun 2001, kemudian digantikan Pelaksana Tugas oleh Bapak Drs. H. Haeruman, SH tanggal 2002 sampai dengan tahun 2003, kemudian digantikan oleh Bapak Drs. A. Chairan Arif, MH dari tahun 2003 sampai dengan tahun 2005, kemudian digantikan oleh Bapak Drs. Abu Thalib Zisma pada tahun 2005 sampai dengan sekarang. Sedangkan untuk Panitera/ Sekretaris yang pertama adalah Bapak Drs. A. Nasrul MD dan yang kedua oleh Bapak Mukminin Husin, BA, kemudian pada bulan Januari tahun 2008 Panitera/ Sekretaris Pengadilan Agama Tanggamus adalah Bapak Ahmad Husain AM, SH.

Saat ini Pengadilan Agama Tanggamus sedang dalam proses pembangunan gedung berlantai dua Tahap Pertama melalui DIPA Pengadilan Agama Tanggamus Tahun Anggaran 2008 sedangkan untuk Tahap Kedua akan direalisasikan pada tahun 2009.

  1. PENGADUAN
  2. BANTUAN HUKUM
  3. PERMOHONAN INFORMASI
  4. STANDAR PELAYANAN
  5. DIREKTORI PUTUSAN BANDING

   Syarat dan tata cara pengaduan mengacu pada Lampiran Keputusan  Ketua Mahkamah Agung RI No. 076/KMA/SK/VI/2009 tanggal 4 Juni 2009, tentang Pedoman Pelaksanaan Penanganan Pengaduan di Lingkungan Lembaga Peradilan.

(Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor : 076/KMA/SK/VI/2009 Tentang Pedoman Pelaksanaan Penanganan Pengaduan Di Lingkungan Lembaga Peradilan)


 

Mahkamah Agung RI pada tanggal 9 Januari 2014 telah menerbitkan Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan.

 


 


Ketua Mahkamah Agung RI pada tanggal 5 Januari 2011 telah  menerbitkan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 1-144/KMA/SK/I/2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan.