1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

Pasca dibentuknya Kepengurusan ta’mir Mushalla al-Mahkamah PA Kotabumi

Keluarga besar Pengadilan Agama Kotabumi mengikuti kultum di mushalla Al-Mahkamah. Pasca dibentuknya pengurus ta’mir Mushalla al-Mahkamah PA Kotabumi yaitu Nana, S.Ag Hakim PA Kotabumi yang ditunjuk sebagai Ketua, kegiatan rutin shalat berjamaah dan kuliah tujuh menit (kultum) dimulai kembali setelah beberapa waktu masa transisi kepemimpinan sempat berhenti. Kegiatan tersebut (kamis, 27/2/) diawali oleh Ketua PA Kotabumi H. Asrori sebagai Imam sekaligus penceramah dan akan dilanjutkan secara bergiliran oleh Wakil Ketua dan para Hakim.


Acara yang diselenggarakan setiap hari kamis ba’da dzuhur yang dihadiri seluruh karyawan PA Kotabumi itu bertujuan untuk meningkatkan kualitas keimanan para pegawai agar dapat mendukung kinerja sehari-hari dengan baik, sehingga suasana di tempat kerja menjadi lebih tenang dan nyaman. Dalam sambutannya sebelum memulai ceramahnya Ketua PA Kotabumi H. Asrori menyampaikan “saya ingin kegiatan ini tidak bersifat seremonial saja, sehingga mempunyai dampak positif terhadap kinerja di kantor” kata beliau di mushalla al-mahkamah.

Mengawali ceramahnya, ketua Pengadilan Agama Kotabumi mengajak seluruh jamaah berzikir bersama, dan dalam ceramahnya, ia menyampaikan bahwa wujud syetan itu ada dua macam. Pertama, syetan dari Jin dan kedua, syetan dari manusia. Syetan dari Jin mudah dikalahkan dengan cara berdzikir, sedangkan syetan dari manusia susah ditaklukkan. Dengan demikian, pandailah kita untuk dapat melawannya. Oleh karena itu, Ketua PA Kotabumi H. Asrori mengingatkan agar seluruh pegawai selalu mengingat akan kematian, beliau mencontohkan bahwa kematian dapat menghampiri siapapun baik yang tua maupun yang muda, yang kecil maupun yang besar, yang gendut maupun yang kurus, karena yang demikian dapat mengendalikan kehendak syetan yang selalu berusaha menjerumuskan manusia itu. Dengan bahasa seorang da’i beliau berceramah yang membuat para jamaah merenung akan dosa-dosa dan kadang tertawa dengan candaan khas seorang penceramah.

Disela ceramahnya, petugas Ta’mir mengelilingkan kotak amal sebagai wujud pertisipasi untuk kesejahteraan dan kemakmuran mushala tersebut. Diakhir acara, pembawa acara Edi Riadi mengumumkan bahwa kultum berikutnya diadakan pada hari Kamis, 6/3/2014 dan yang bertugas sebagai Imam dan Penceramah adalah H. Mustafa Amin (Wakil Ketua PA) dengan pembawa acara oleh Hamsiri. (Sbrn/Tim IT)

Buat komentar

Kode keamanan
Refresh