1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

PROSEDUR KEBERATAN TERHADAP PELAYANAN INFORMASI


A.   Syarat dan Prosedur Pengajuan

  1. Pemohon berhak mengajukan keberatan dalam hal ditemukannya alasan sebagai berikut :
    1. Adanya penolakan atas permohonan informasi;
    2. Tidak disediakannya informasi yang wajib diumumkan secara berkala sebagaimana dimaksud dalam bagian II. A;
    3. Tidak ditanggapinya permohonan informasi;
    4. Permohonan ditanggapi tidak sebagaimana yang diminta;
    5. Tidak dipenuhinya permohonan informasi;
    6. Pengenaan biaya yang tidak wajar; dan/atau
    7. Penyampaian informasi melebihi waktu yang diatur dalam Pedoman ini.
  2. Keberatan ditujukan kepada Atasan PPID melalui Petugas Informasi oleh Pemohon atau kuasanya.


B. Registrasi

  1. Petugas informasi wajib memberikan formulir keberatan kepada pemohon untuk diisi  dan  membantu  pengisiannya  jika  diperlukan  (Format Formulir  Keberatan dalam Lampiran IX).
  2. Petugas  Informasi  langsung  memberikan  salinan  formulir  keberatan sebagai tanda terima pengajuan keberatan.
  3. Petugas   Informasi   wajib   mencatat   pengajuan   keberatan   dalam   Register Keberatan (Format Register Keberatan dalam Lampiran X) dan meneruskannya kepada  atasan  PPID  dengan  tembusan  kepada  PPID  dalam  waktu  selambat-lambatnya 2 (dua) hari kerja sejak permohonan diajukan.


C.Tanggapan Atas Keberatan

  1. Atasan  PPID  wajib  memberikan  tanggapan  dalam  bentuk  keputusan  tertulis yang  disampaikan  kepada  Petugas  PPID  dengan  tembusan  kepada  PPID selambat-lambatnya   dalam   waktu   20   (dua   puluh)   hari   sejak   dicatatnya pengajuan keberatan tersebut dalam register keberatan.
  2. Keputusan tertulis sebagaimana dimaksud sekurang-kurangnya memuat :
    • Tanggal pembuatan surat tanggapan atas keberatan
    • Nomor surat tanggapan atas keberatan;
    • Tanggapan/jawaban tertulis atasan PPID atas keberatan yang diajukan yang berisi salah satu atau beberapa hal sebagai berikut :
      1. Mendukung sikap  atau putusan  PPID  disertai  alasan  dan  pertimbangan yang jelas;
      2. Membatalkan putusan PPID dan/atau memerintahkan PPID untuk memberikan   sebagian   atau   seluruh  informasi   yang   diminta   kepada Pemohon  dalam  jangka  waktu  tertentu selambat-lambat 14  (empat belas) hari kerja;
      3. Memerintahkan PPID     untuk     menjalankan     kewajibannya     dalam memberikan  pelayanan informasi  sesuai  dengan  Undang-undang  dan peraturan yang berlaku dalam jangka waktu tertentu selambat-lambat 14 (empat belas) hari kerja;
      4. Menetapkan biaya  yang  wajar  yang  dapat  dikenakan  kepada  pemohon informasi (Format Surat Tanggapan Atas Keberatan dalam Lampiran XI)
  3. Petugas  Informasi  menyampaikan  atau  mengirimkan  keputusan  Atasan  PPID kepada Pemohon atau kuasanya selambat-lambatnya dalam waktu 2 (dua) hari kerja  sejak  menerima  tanggapan  dari  Atasan  PPID  dan ditembuskan  ke  PPID serta Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat Mahkamah Agung
  4. Pemohon  yang  mengajukan  keberatan  yang  tidak  puas  dengan  keputusan atasan PPID berhak mengajukan permohonan penyelesaian sengketa Informasi kepada Komisi Informasi selambat-lambatnya 14 (empat belas) hari kerja sejak diterimanya keputusan atasan PPID.

Sumber : SK KMA NOMOR 1 - 144/KMA/SK/1/2011