1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

BERPUASA MENUJU TAQWA

Lampung|pta-bandarlampung.go.id

Puasa itu salah satu sebab terbesar menuju ketaqwaan, karena orang yang berpuasa telah melaksanakan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya.

Dalam firman Allah SWT yang maknanya “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa” (Q.S. Al-Baqarah : 183).

Dari arti firman Allah SWT tersebut telah jelas bahwa puasa itu telah diwajibkan dan diperintahkan kepada orang–orang sebelum kita yang bertujuan untuk meningkatkan ketakwaan terhadap Allah SWT.

Ada 3 (tiga) fungsi menjalankan ibadah puasa, pertama, supaya menjadi orang mukmin berkualitas, tangguh dan kokoh sehingga sanggup menghadapi segala macam badai dalam kehidupan.

Kedua, sebagai pendidikan dimana orang yang berpuasa akan membentuk karakteristik ummat, mengerti dan cerdas secara intelektual, emosional maupun spiritual.

Ketiga, puasa dapat memberikan metode latihan, suasana perubahan dari tidak shaum menjadi shaum.

Ketiga hal ini akan berfungsi dengan baik apabila kita melaksanakan perintah Allah, diikuti dengan kegiatan ibadah lain seperti  menjauhi sifat-sifat ghibah dan namimah.

Marilah kita tingkatkan keimanan kita dengan berpuasa serta memiliki sifat  Rasulullah SAW yaitu sifat jujur. Jujur pada diri semdiri, jujur pada teman, jujur pada keluarga dan jujur pada pimpinan.

Demikian disampaikan Hakim Tinggi PTA Bandar Lampung Drs. A. Mu’thi, MH. dalam tausiyah Ramadhan yang dilaksanakan di Masjid Al Mahkamah Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung pada Rabu (7/6) yang dihadiri Ketua, Wakil Ketua, Hakim Tinggi, Panitera dan Sekretaris, Pejabat Struktural, Fungsional serta seluruh Pegawai PTA Bandar Lampung. (SA)

 

Komentar  

#1 Mery Candra Giana Jum'at, 09 Juni 2017
semoga kami selalu bisa berbenah diri menuju yang lebih baik

Buat komentar

Kode keamanan
Refresh

-