1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

Si LARA disambut baik Dua Kepala Daerah

Kalianda, pta-bandarlampung.go.id

Sistem Informasi Pelayanan Perkara (Si LARA) produk Inovasi Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung, sejak bulan Maret 2017 sudah terimplementasi di Pengadilan Agama se-Provinsi Lampung, namun pada hari Rabu (23/08/2017) Pengadilan Agama Kalianda menyelenggarakan kegiatan Launching Si LARA yang dihadiri oleh dua Kepala Daerah yaitu Wakil Bupati Lampung Selatan (Nanang Ermanto) dan Bupati Pesawaran (H. Dendi Romadhona, ST) yang dikemas dengan acara deklarasi go akreditasi Pengadilan Agama Se-Provinsi Lampung bertempat di Pengadilan Agama Kalianda.

Ketua Pengadilan Agama Kalianda, Dra. Hj, Sartini, SH,MH menyampaikan walaupun implementasi Si LARA sejak bulan Maret 2017 lalu, namun momentum launching  ini penting dalam upaya menyampaikan informasi layanan ini kepada masyarakat secara luas khususnya kepada Pimpinan Daerah Lampung Selatan dan Pesawaran yang masuk dalam wilayah yurisdiksi Pengadilan Agama Kalianda. Si LARA merupakan produk inovasi dalam rangka memberikan akses yang mudah dan cepat, dengan sajian data yang update dan transparan kepada pencari keadilan, sehingga warga masyarakat bupati Lampung Selatan dan Pesawaran dengan mudah memperoleh informasi perkembangan perkaranya dengan sekali Klik aplikasi Si LARA, tambahnya.

 

Drs. H. Endang Ali Ma’sum, SH,MH, KPTA Bandar Lampung menyampaikan  Hadirnya aplikasi Sistem Informasi Pelayanan Perkara (SILARA) di Pengadilan Agama Kalianda merupakan bentuk pelayanan Pengadilan Agama kepada masyarakat pencari keadilan, khususnya warga masyarakat Lampung Selatan dan masyarakat Pesawaran. Masyarakat pencari keadilan diberikan akses informasi perkembangan perkara yang diajukannya dari mulai jadwal sidang, biaya perkara, amar putusan, dan akta cerai untuk perkara perceraian. Masyarakat tidak perlu repot datang ke Pengadilan hanya untuk menanyakan perkembangan perkara yang diajukannya, cukup dengan sekali klik SILARA informasi yang diperlukan segera diperoleh secara update dan transparan. Ini semua dalam upaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dengan memanfaatkan teknologi informasi sesuai amanat undang-undang Pelayanan publik dan Undang-Undang Keterbukaan Informasi, tambahnya.

Apresiasi positif juga diberikan oleh Wakil Bupati Lampung Selatan (Nanang Ermanto) bahwa aplikasi Si LARA ini sangat bermanfaat bagi warga masyarakat dalam memperoleh informasi secara cepat, sementara Bupati Pesawaran (H. Dendi Romadhona, ST) menyampaikan terima kasih karena jarak tempuh Kabupaten Pesawaran ke Pengadilan Agama Kalianda cukup jauh sehingga aplikasi ini sangat memudahkan warga masyarakat pesawaran memperoleh informasi tanpa harus datang ke Kantor Pengadilan Agama Kalianda.

Sementara itu Sekretaris Ditjen Badan Peradilan Agama mahkamah Agung RI H. Tukiran, SH,MM, mememberikan ucapan selamat dan sukses kepada Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung yang telah berinovasi membuat aplikasi Si LARA dan ini sejalan dengan program akreditasi yang digulirkan oleh Ditjen Badilag yaitu memaksimalkan pelayanan kepada publik.

Launching ini ditandai dengan penyerahan replika Kartu Pintar Si LARA dari Sekretaris Ditjen Badan Peradilan Agama mahkamah Agung RI kepada Wakil Bupati Lampung Selatan dan Bupati Pesawaran yang disaksikan oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung dan Ketua Pengadilan Agama Kalianda. Hadir juga pada acara ini Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung, Hakim Tinggi Pengawas Daerah, Panitera dan Seketaris Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung dan Pengadilan Agama se-Provinsi Lampung, unsur Forkompimda Kabupaten Lampung Selatan dan Kabupaten Pesawaran, Ketua Pengadilan Negeri Kalianda, Dinas/Instansi Kabupaten Lampung Selatan dan Kabupaten Pesawaran DPC Peradi Kota Metro dan DPD APSI Provinsi Lampung. (ahid).

Komentar  

#2 amrullah syaroni Jum'at, 25 Agustus 2017
betul dan sangat setuju !
#1 Rifai PTA BDL Jum'at, 25 Agustus 2017
Sungguh memang harus diacungkan jempol untuk inovasi Silara, bentuk pelayanan tergolong simpel tapi termasuk produk canggih yang langsung menyentuh dan tentu sangat bermanfaat dalam memberikan servis pelayanan kepada pencari keadilan, selanjutnya kami tunggu launchingnya di lingkungan peradilan lain demi harumnya Peradilan Agama, BADILAG, MARI bila perlu negara patut memberikan reward khusus untuk Tim Inovasi Silara dan PTA BDL., amiin.

Buat komentar

Kode keamanan
Refresh

-