1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

Berqurban salah satu bentuk cara bersyukur

 

Bandarlampung |  04 September 2017

Mengambil pengalaman serta keikhlasan keluarga Nabi Ibrahim AS, jutaan umat muslim yang ada diseluruh dunia bersuka cita merayakan hari raya Idul Adha, hal ini tercermin betapa antusiasnya seluruh umat muslim melaksanakan penyembelihan hewan kurban sebagai wujud rasa keikhlasan kepada Allah SWT serta berbagi kepada sesama manusia.

Dalam momentum Idul Adha yang penuh nilai historis dan sarat makna, Senin (04/09/2017) Pengadilan Tinggi Agama Bandarlampung  turut melakukan penyembelihan hewan qurban yang dilaksanakan dipekarangan parkir belakang kantor.

Acara di mulai sekitar pukul 09.00 WIB setelah dilaksanakannya apel rutin setiap hari senin, yang diawali dengan laporan ketua panitia qurban 1438H/2017M yaitu Bapak Drs. H. Ahud Misbahhuddin, SH.,MH. Dalam laporannya menyebutkan bahwa pada tahun ini Pengadilan Tinggi Agama Bandarlampung berqurban 1 (satu) ekor sapi dan 3 (Tiga) ekor kambing, dimana peserta qurban berjumlah 10 orang yaitu:

  • Peserta Qurban Sapi:
  1. Drs. Syahril, SH.,MH
  2. Drs. Chotman Jauhari, MH
  3. Drs. Fuizalman, SH.,MH
  4. Drs. Mu'thi,MH
  5. Drs. Makmun, SH.,MH
  6. Drs. Suyanto TN, SH.,MH
  7. Drs. Tubagus Suhaimi Hadi, MH
  • Peserta Qurban Kambing:
  1. Drs. Ahud Misbahuddin, SH.,MH
  2. Drs. Dadang Syarief
  3. H. Syahruddin, S.Ag.

Dilanjutkan dengan sambutan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bandarlampung yang di wakili oleh Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bandarlampung Bapak Drs. Syahril, SH.MH, Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa berqurban merupakan salah satu bentuk cara kita bersyukur terhadap nikmat yang Allah SWT berikan kepada kita semua, dimana ada 3 hikmah yang dapat dai petik dengan berqurban, yaitu:

  1. Berqurban merupakan inti dari ajaran Agama Islam yang kaitannya dengan keikhlasan dan pendekatan diri kita kepada Allah SWT.
  2. Berqurban dapat menambah nilai sosial dalam rangka berkomunikasi dengan lingkungan di sekitar kita.
  3. Dengan Berqurban dapat memupuk kebersamaan antara kita semua dalam bekerja bersama-sama dan bersama-sama dalam bekerja.

Kemudian Bapak Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bandarlampung menyerahkan hewan qurban secara simbolis mewakili peserta qurban kepada Ketua Panitia qurban Pengadilan tinggi Agama Bandarlampung.

Sebelum Acara Inti yaitu pemotongan hewan qurban sebagai rasa syukur atas terselenggaranya acara tersebut diakhiri dengan berdo'a bersama yang diimami oleh Bapak Drs. H. Baidhowi, Hb.,SH.

Daging hasil penyembelihan hewan qurban sebagian dibagikan kepada honorer serta masyarakat yang terdekat turut membantu penyembelihan, sebagian lain diberikan merata kepada setiap pegawai yang tergabung dalam kelompok qurban untuk dibagikan kepada tetangga ataupun masyarakat lainnya yang membutuhkan. (By: Osi).

Buat komentar

Kode keamanan
Refresh

-