1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

Workshop Kepemimpinan

Pegawai Peradilan Agama se-Provinsi Lampung

Peringati  Tahun Baru Islam dengan Workshop Kepemimpinan

Lembah Hijau, pta-bandarlampung.go.id

1 Muharram 1439 H atau dikenal Tahun Baru Islam bertepatan dengan tanggal 21 September 2017, diperingati berbeda oleh Pegawai Peradilan Agama se-Provinsi Lampung. Sebanyak 183 pegawai terdiri dari Panitera, Sekretaris, Panitera Muda, Kepala sub.bagian, Panitera Pengganti,  Jurusita dan jurusita pengganti serta staf mengikuti kegiatan Workshop Kepemimpinan. H. A Yakin Karim, S.H.,M.H. Panitera Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung juga selaku Ketua Forum Silaturahim Kepaniteraan dan Kesekretariatan Peradilan Agama Lampung mengatakan kegiatan ini merupakan kontribusi forum untuk memberdayakan sekaligus mengembangkan potensi para pegawai Pengadilan Agama di Provinsi Lampung, kegiatan ini terselenggara murni dibiayai oleh anggota forum dengan cara secara rutin membayar iuran. Dipilihnya Taman Wisata Lembah Hijau Bandar Lampung, H. A. Yakin Karim menyatakan supaya ada suasana lain, selain kegiatan dilaksanakan hari libur juga mendapat suasana alam yang segar.  

Deska Pitrah, S.H.,MH selaku Ketua Panitia Penyelenggara melaporkan dalam pembukaan bahwa suksesnya  penyelenggaraan kegiatan ini tidak terlepas dari peran serta seluruh pegawai juga seluruh pimpinan Pengadilan Agama selaku Pembina dimasing-masing Pengadilan, oleh karena itu kehadiran Pimpinan Pengadilan yaitu Ketua dan Wakil Ketua memberikan energi lebih bagi seluruh pegawai mengikuti kegiatan ini. Selanjutnya fasilitator kegiatan ini dipilih orang-orang yang kredibel dan mempunyai kompetensi, yaitu Dr. H. Hasbi Hasan, MH Ditrektur Pembinaan Administrasi Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI yang sudah sarat pengalaman dibidangnya, Drs. H. Muhammad Yamin, MH (abah yamin) Panitera Pengadilan Tinggi Agama Bandung yang juga pernah menjabat selaku Panitera/Sekretaris Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung dan PTA Mataram, H. A.Yakin Karim, SH,MH Panitera Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung yang juga pernah menjabat Panoitera/Sekretaris di Pengadilan Tinggi Agama Bangka Belitung, PTA Bengkulu dan PTA Mataram, Arief Hidayat Sekretaris PTA Bandar Lampung, yang juga pernah bertugas di PTA Semarang, serta Aprilyadi, S.Ag,MH Hakim Pengadilan Agama Tegal yang juga pernah menjadi hakim di MS Janto dan PA Gunung Sugih. Menurut Deska Pitrah bahwa kelima fasilitator ini sangat tepat sebagai cerminan bahwa mereka adalah putra daerah kecuali abah Yamin, seshingga bisa menjadi pendorong dan penyemangat bagi seluruh peserta.

Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung Drs. H. Endang Ali Ma’sum, S.H.,MH dalam kegiatan tersebut menyampaikan Sosialisasi Maklumat Ketua Mahkamah Agung RI Nomor : 01/Maklumat/IX/2017 tentang Pengawasan dan Pembinaan Hakim, Aparatur Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di bawahnya. Intinya H. Endang Ali Ma’sum menekankan pentingnya untuk selalu menjaga integritas dan miningkatkan pengawasan yang paling penting adalah saling mawas diri.

Selanjutnya, Arief Hidayat dalam kesempatan tersebut menanamkan nilai-nilai kejujuran (integritas) yang harus dimiliki oleh pemimpin sehingga pemimpin akan dihormati, disegani, dipercaya dan selalu tenang. Kemudian H. A. Yakin Karim menyampaikan pentingnya membangun karakter karena karakter yang kuat merupakan syarat utama yang harus dimiliki seorang pemimpin, Selanjutnya Abah Yamin dan Aprilyadi lebih menekankan kepada aspek moralitas yang harus dimiliki oleh setiap pemimpin, pemimpin yang berhasil adalah pemimpin yang mempunyai moral yang tinggi.

Diakhir sesi Dr. H. Hasbi Hasan, MH, menyampaikan bahwa modal yang harus dimiliki pemimpin adalah Knowledge, Skill, Atitude, Tauladan dan Networking.

Salah satu pimpinan Pengadilan Agama, Drs. H. Sanusi, MH Ketua Pengadilan Agama Kotabumi menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada penyelenggara kegiatan ini karena ini sangat membantu pimpinan Pengadilan Agama dalam memberikan wawasan untuk berkinerja tingi yang mempunyai semangat dan mempunyai integritas membangun lembaga peradilan agama khussunya di Provinsi Lampung (ahid).

Komentar  

#1 Aping Selasa, 26 September 2017
insya'Allah bermanfaat dan menjadikan kita semua lebih berintegritas (salam hangat dan senyum Simetris Tiga Centi buat kita semua)

Buat komentar

Kode keamanan
Refresh

-