1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

Tandatangan Pernyataan Maklumat KMA

Pimpinan Pengadilan Agama se-Provinsi Lampung

Tandatangani Maklumat Ketua Mahkamah Agung RI

Gunung Sugih, pta-bandarlampung.go.id

Terbitnya Maklumat Ketua Mahkamah Agung RI Nomor : 01/Maklumat/KMA/IX/2017 tanggal 17 September 2017 tentang Pengawasan dan Pembinaan Hakim, aparatur Mahkamah Agung RI dan Badan Peradilan di bawahnya. ditindaklanjuti oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung dengan Sosialisasi dan Penandatangan Pernyataan Maklumat tersebut yang dilaksanakan pada hari Jum’at (29/09/2017) bertempat di Pengadilan Agama Gunung Sugih.

Drs. H. Endang Ali Ma’sum, S.H.,M.H. selaku Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung menyampaikan bahwa Maklumat Ketua Mahkamah Agung ini harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dalam upaya memastikan aturan-aturan yang berkaitan dengan pembinaan dan pengawasan kepada seluruh aparatur peradilan dapat berjalan sebagaimana mestinya. 3 hal penting yang harus ditindaklanjuti oleh pimpinan Pengadilan Agama yaitu : Seluruh aparatur di satuan kerja masing-masing agar turut serta menandatangani pernyataan maklumat Ketua Mahkamah Agung,  Mewaspadai maraknya operasi Saber Pungli agar aparatur Pengadilan Agama tidak terlibat dalam praktek-praktek pungli terutama di area pelayanan kepada masyarakat, Pimpinan Pengadilan Agama berkewajiban segera mengimplementasikan program Akreditasi Sertifikasi Penjaminan Mutu (SAPM) dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan, demikian tambahan H. Endang Ali Ma’sum.

Selanjutnya, Drs. H. Syahril, S.H. M.H., selaku Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung dalam kesempatan yang sama juga menyampaikan bahwa Suplemen dari Maklumat Ketua Mahkamah Agung RI adalah aturan-aturan yang harus dipahami dan dilaksanakan oleh seluruh aparatur Pengadilan Agama, antara lain Surat Edaran Sekretaris Mahkamah Agung Nomor 008-A/SEK/SK/I/2012 tentang Aturan Prilaku Pegawai Mahkamah Agung Republik Indonesia, Peraturan Mahkamah Agung Nomor 7, 8 dan 9 Tahun 2016. Jika semua aturan-aturan yang sudah diterbitkan dilaksanakan secara konsisten maka kewibawaaan dan citra Mahkamah Agung Republik Indoensia dan Badan Peradilan dibawahnya termasuk Pengadilan Agama semakin dipercaya oleh masyarakat, tambah H. Syahril.

Arief Hidayat sekretaris Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung yang memandu Acara tersebut menyimpulkan 3 hal penting dari pertemuan ini : pertama Pimpinan dari tingkat pusat sampai tingkat banding semangat untuk menegakkan seluruh aturan, jadi tidak alasan bahwa semangat ini harus diikuti oleh seluruh pimpinan sampai pengadilan tingkat pertama dalam semua bagian, kedua Penandatanganan pernyataan ini bukan formalitas tetapi mengandung konsekswensi terhadap tugas dan tanggungjawab masing-masing individu, ketiga Harus dilakukan perubahan mindset untuk tidak selalu menuntut hak sementara kewajiban masih belum dilaksanakan secara utuh.

Acara yang dihadiri oleh H. A. Yakin Karim, S.H.,M.H. Panitera Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung, seluruh Ketua, Wakil Ketua, Panitera dan Sekretaris Pengadilan Agama se-Provinsi Lampung ini diakhiri dengan Penandatangan Pernyataan Maklumat Ketua Mahkamah Agung RI Nomor : 01/Maklumat/KMA/IX/2017. (ahid).

 

 

 

 

Buat komentar

Kode keamanan
Refresh

-