1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

Inilah 3 Kewajiban Manusia terhadap Al-Qur’an

Lampung|pta-bandarlampung.go.id
Al-Qur’an, Kitab suci Umat Islam yang pasti sudah tidak asing lagi di telinga kita semua. Al-Qur’an adalah kitab suci yang Allah turunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Beliau-lah Nabi dan Rasul terakhir, pun dengan Al-Qur’an yang menjadi kitab suci terakhir. Al-Qur’an bukan dibuat oleh Nabi Muhammad, sebab beliau tidak bisa membaca. Nabi Muhammad SAW hanyalah perantara dari Allah SWT kepada seluruh manusia.

Sebagai umat Islam, tentu Al-Qur’an tidak akan kita biarkan begitu saja sebagai pajangan, koleksi, atau apa pun. Selain 5 rukun Islam, kita pun memiliki 3 kewajiban terhadap Al-Qur’an, seperti dikatakan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung Drs.H.Endang Ali Ma’sum,SH.MH, dalam tausiyahnya di Masjid Al-Mahkamah Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung yang dihadiri oleh Wakil Ketua, Hakim Tinggi, Panitera dan Sekretaris serta pegawai  Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung  pada Rabu, (15/11/2017).

Endang menjelaskan, ada tiga kewajiban kita terhadap Al-Qur’an. Pertama, Membaca Al-Qur’an. Membaca dengan baik sesuai tajwidnya, Kedua, berusaha menghafal Al- Qur’an dan ketiga mengkaji makna Al-qur’an sehingga dapat diamalkan dalam kehidupan kita sehari-hari.

 


Lanjutnya apabila di dalam dirinya tidak ada Al-Qur’an dapat diibaratkan rumah yang rusak. Untuk itu, semoga kita termasuk hambaNya yang mencintai Al-Qur’an. agar kita bisa menjadikan Al-Qur’an sebagai bekal hingga akhir zaman, juga agar Al-Qur’an menjadi syafaat bagi kita di hari kiamat, karena bagi yang sering membaca Al-qur’an, maka selain pahala baginya, Allah akan mengelompokkannya dengan para malaikat diakhirat nanti. demikian dikatakan Endang mengakhiri tausiyahnya. (SA)

 

Buat komentar

Kode keamanan
Refresh

-