1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

Raih A Excellent PTA Bandar Lampung, ini awal bukan akhir.

Raih A Excellent PTA Bandar Lampung, ini awal bukan akhir.

Balikpapan | pta-bandarlampung.go.id

13 Juli 2018, tepat pukul 13.30 WIB, Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia menyerahkan Sertifikat Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM) kepada beberapa Pengadilan Tingkat Pertama dan Pengadilan Tingkat Banding di empat peradilan di bawah Mahkamah Agung RI.

Kunjungi dan Baca Selengkapnya..

Closing Meeting Asesmen Eksternal di PTA Bandarlampung

Closing Meeting Asesmen Eksternal di PTA Bandarlampung
 
Bandar Lampung | pta-bandarlampung.go.id
 
Closing meeting adalah salah satu bagian dari asesmen eksternal. Sesuai yang telah dijadualkan, asesmen eksternal memiliki serangkaian kegiatan yang dimulai dari opening meeting, kemudian asesmen yang dilaksanakan dengan beberapa metode yang terdiri dari kelengkapan dokumen, metode telusur dan wawancara. Terakhir, dari hasil asesmen yang telah dilakukan dengan berbagai metode tersebut, maka akan ditemukan beberapa hal yang tidak sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.
Kunjungi dan Baca Selengkapnya..

Meriahnya Opening Meeting Assesmen eksternal PTA Bandarlampung

Meriahnya Opening Meeting Assesmen eksternal PTA Bandarlampung
Bandar Lampung | pta-bandarlampung.go.id
 
PTA Bandarlampung yang mengajukan diri siap diasesmen untuk mengikuti penerapan SAPM pada tanggal 21 Juni 2018 ke Komite pusat SAPM, hari ini, 6 Juli 2018 mulai diassesmen oleh asesor nasional. Rangkaian acara asesmen dimulai dengan opening meeting.
Kunjungi dan Baca Selengkapnya..

Refleksi dan Implementasi SAPM di PA Sewilayah PTA Bandarlampung

Refleksi dan Implementasi SAPM di PA Sewilayah PTA Bandarlampung
Bandar Lampung | pta-bandarlampung.go.id
Selasa, 26 Juni 2018, PTA Bandar Lampung menggelar acara yg bertajuk Implentasi SAPM PTA Bandar Lampung. bertempat di ruang rapat panitera dan sekretaris PTA Bandar Lampung, hadir 12 orang terpilih dari 9 satker sebagai pejuang SAPM. Dr. Drs. H Syahril. S.H., M.H. mengatakan ada sebuah pertanyaan  yg patut menjadi bahan refleksi bagi kita semua terkait diraihnya akreditasi A maupun B di masing-masing satker. 
Kunjungi dan Baca Selengkapnya..

Rakor PTA Bandar Lampung Bahas Tuntas SAPM dan Disiplin Kerja Hakim

Rakor PTA Bandar Lampung Bahas Tuntas SAPM dan Disiplin Kerja Hakim

Bandar Lampung | pta-bandarlampung.go.id

Kamis, 31 Mei 2018, "Seperti tak pernah kehabisan energi" rasanya ungkapan ini tidak terlalu berlebihan ditujukan kepada pimpinan dan seluruh jajaran di Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung. Bagaimana tidak, setelah satu minggu penuh bejibaku dengan pendampingan Asessor Eksternal SAPM, empat pengadilan agama yang cukup menguras energi, hari ini Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung menyelenggarakan Rapat Koordinasi Pengadilan Agama sewilayah Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung.

Tanpa kenal lelah, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung kali ini pun membahas dengan cukup mendalam mengenai program SAPM... Kunjungi dan Baca Selengkapnya..

Orientasi Calon Hakim pada Wilayah Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung

Orientasi Calon Hakim pada Wilayah Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung

 

 

Bandar Lampung, www.pta-bandarlampung.go.id

Pagi ini Jum’at, 11 Mei 2018 Aula PTA Bandarlampung dipenuhi oleh para calon hakim . Ada 28 calon hakim yang tersebar diberbagai Pengadilan Agama sewilayah PTA Bandarlampung, Kedua puluh delapan calon hakim ini pada umumnya masih relatif sangat muda. Mereka semua terlihat begitu bersemangat dan terlihat begitu antusias. Hal ini dibuktikan  dengan kedataangan mereka yang tepat waktu bahkan sejak pagi sebelum acara dimulai.

Kunjungi dan Baca Selengkapnya..

"PTA BANDARLAMPUNG SIAP BANTU PENGADILAN AGAMA DAPATKAN PREDIKAT A EXELLANCE"

Bandarlampung, www.pta-bandarlampung.go.id

Semakin dekatnya waktu assesment eksternal, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bandarlampung berpesan agar pendamping yang telah ditunjuk yaitu: Wakil Ketua, Panitera Tingkat Banding dan Kasubbag. Kepegawaian dan Teknologi Informasi  untuk PA Metro dan PA Tanjungkarang sedangkan Hakim Tinggi Bpk. Drs. H. MAKMUN, S.H., M.H., Panitera Muda Banding Bpk. Drs. ERWIN ROMEL, M.H., Serta Kepala Bagian Perencanaan dan Kepegawaian  Bpk. YOSRINALDO SYARIEF, S.H., M.H. dan Kepala Sub Bagian Tata Usaha dan Rumah Tangga Bpk. MUHAMMAD AGUS WIBOWO, S.H., M.H. untuk zona ata... Kunjungi dan Baca Selengkapnya..

Deklarasi SAPM PTA Lampung

Deklarasi SAPM PTA Lampung

PTA Bandar Lampung, Siap Implementasi SAPM Tingkat Banding

www.pta-bandarlampung.go.id

Sejak bergulirnya program Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM) khususnya dilingkungan Pengadilan Agama, sangat terasa perubahan mendasar dalam hal budaya kerja utamanya dalam hal pemberian pelayanan kepada masyarakat pengguna jasa Pengadilan Agama semakin mengalami peningkatan, oleh karena  sistem SAPM sangat baik sehingga harus diimplementasikan di Pengadilan Tinggi Bandar Lampung, demikian dikatakan Drs. H. Endang Ali Ma’sum... Kunjungi dan Baca Selengkapnya..

Bandar Lampung | pta-bandarlampung.go.id
Saya Indonesia, Saya Pancasila, itulah tema Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2017. Kamis (1/6/2017), tepat pukul 07.45, Seluruh Warga Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung turut memperingati hari lahirnya pancasila dengan melaksanakan Upacara Peringatan Hari Lahirnya Pancasila di Lapangan Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung.

 

Dalam Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016, Tentang Hari Lahir Pancasila, tanggal 1 Juni 2016, Presiden Republik Indonesia menetapkan pertama, tanggal 1 Juni 1945 sebagai hari lahir pancasila, kedua tanggal 1 juni merupakan hari libur nasional dan ketiga Pemerintah bersama seluruh komponen bangsa dan masyarakat Indonesia memperingati Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni.

 

Upacara berlangsung khidmat, tertib dan sederhana. Inspektur Upacara, Drs. H. Endang Ali Ma’sum, S.H., M.H. menyampaikan Sambutan Presiden RI “Harus diingat bahwa kodrat bangsa lndonesia adalah keberagaman. Takdir Tuhan untuk kita adalah keberagaman. Dari Sabang sampai Merauke adalah keberagaman. DariMiangas sampai Rote adalah juga keberagaman. Berbagai etnis, bahasa, adat istiadat, agama, kepercayaan dan golongan bersatu padu membentuk lndonesia. ltulah ke-bhinneka tunggal ika-an kita.”


“Kehidupan berbangsa dan bernegara kita sedang mengalami tantangan. Kebinekaan kita sedang diuji. Saat ini ada pandangan dan tindakan yang mengancam kebinekaan dan keikaan kita. Saat ini ada sikap tidak toleran yang mengusung ideologi selain Pancasila. Masalah ini semakin mencemaskan tatkala diperparah oleh penyalahgunaan media sosial yang banyak menggaungkan hoax alias kabar bohong.” sambungnya.

Dengan kuatnya Pancasila dan UUD 1945, diharapkan dapat menekan masalah radikalisme, konflik sosial, terorisme dan perang saudara. Seluruh unsur masyarakat harus waspada terhadap segala bentuk pemahaman dan gerakan yang tidak sejalan dengan Pancasila, waspada terhadap organisasi-organisasi dan gerakan-gerakan yang Anti-Pancasila, Anti-UUD 1945, Anti-NKRl, Anti-Bhinneka Tunggal Ika.


Pada akhirnya, menjaga perdamaian, menjaga persatuan, dan menjaga persaudaraan di antara rakyat Indonesia menjadi harapan bagi Pemerintah dan Rakyat Indonesia. Mari kita saling bersikap santun, saling menghormati, saling toleran, dan saling membantu untuk Kepentingan bangsa. Mari kita saling bahu-membahu, bergotong royong demi kemajuan lndonesia. (RY)



 

Buat komentar

Kode keamanan
Refresh

  1. PENGADUAN
  2. BANTUAN HUKUM
  3. PERMOHONAN INFORMASI
  4. STANDAR PELAYANAN
  5. DIREKTORI PUTUSAN BANDING

   Syarat dan tata cara pengaduan mengacu pada Lampiran Keputusan  Ketua Mahkamah Agung RI No. 076/KMA/SK/VI/2009 tanggal 4 Juni 2009, tentang Pedoman Pelaksanaan Penanganan Pengaduan di Lingkungan Lembaga Peradilan.

(Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor : 076/KMA/SK/VI/2009 Tentang Pedoman Pelaksanaan Penanganan Pengaduan Di Lingkungan Lembaga Peradilan)


 

Mahkamah Agung RI pada tanggal 9 Januari 2014 telah menerbitkan Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan.

 


 


Ketua Mahkamah Agung RI pada tanggal 5 Januari 2011 telah  menerbitkan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 1-144/KMA/SK/I/2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan.