1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

Pendalam materi SAPM

Pendalam materi SAPM

Pasca Implementasi SAPM edisi I 2018,

PTA Bandar Lampung Langsung Tancap Gas

www.pta-bandarlampung.go.id

Setelah perhelatan penyerahan Sertifikat SAPM edisi I Tahun 2018 selesai dilaksanakan di Balik Papan (13/7) lalu,  Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung langsung tancap gas dengan mengundang aparatur yang dipandang potensial untuk dijadikan sebagai duta SAPM wilayah Pengadilan Tingi Agama Bandar Lampung pada hari Jum’at tanggal 20 Juli 2018 bertempa... Kunjungi dan Baca Selengkapnya..

DHARMAYUKTIKARINI CABANG LAMPUNG SERAHKAN BEASISWA BDBS UNTUK 40 PUTRA PUTRI WARGA PERADILAN.

DHARMAYUKTIKARINI CABANG LAMPUNG SERAHKAN BEASISWA BDBS  UNTUK 40 PUTRA PUTRI WARGA PERADILAN.
Bandar Lampung | pta-bandarlampung.go.id
 
Alhamdulilah, acara penyerahan Beasiswa BDBS tahun2018 telah selesai dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 19 Juli 2018 bertempat di aula PTA Bandarlampung. 40 ( empat puluh ) putra putri warga peradilan yang terdiri dari 10 siswa TK, 21 siswa SD, 4 siswa SMP, 3 siswa SMA dan 2orang  mahasiswa menerima beasiswa BDBS ini dengan suka cita.
Kunjungi dan Baca Selengkapnya..

Raih A Excellent PTA Bandar Lampung, ini awal bukan akhir.

Raih A Excellent PTA Bandar Lampung, ini awal bukan akhir.

Balikpapan | pta-bandarlampung.go.id

13 Juli 2018, tepat pukul 13.30 WIB, Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia menyerahkan Sertifikat Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM) kepada beberapa Pengadilan Tingkat Pertama dan Pengadilan Tingkat Banding di empat peradilan di bawah Mahkamah Agung RI.

Kunjungi dan Baca Selengkapnya..

Closing Meeting Asesmen Eksternal di PTA Bandarlampung

Closing Meeting Asesmen Eksternal di PTA Bandarlampung
 
Bandar Lampung | pta-bandarlampung.go.id
 
Closing meeting adalah salah satu bagian dari asesmen eksternal. Sesuai yang telah dijadualkan, asesmen eksternal memiliki serangkaian kegiatan yang dimulai dari opening meeting, kemudian asesmen yang dilaksanakan dengan beberapa metode yang terdiri dari kelengkapan dokumen, metode telusur dan wawancara. Terakhir, dari hasil asesmen yang telah dilakukan dengan berbagai metode tersebut, maka akan ditemukan beberapa hal yang tidak sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.
Kunjungi dan Baca Selengkapnya..

Meriahnya Opening Meeting Assesmen eksternal PTA Bandarlampung

Meriahnya Opening Meeting Assesmen eksternal PTA Bandarlampung
Bandar Lampung | pta-bandarlampung.go.id
 
PTA Bandarlampung yang mengajukan diri siap diasesmen untuk mengikuti penerapan SAPM pada tanggal 21 Juni 2018 ke Komite pusat SAPM, hari ini, 6 Juli 2018 mulai diassesmen oleh asesor nasional. Rangkaian acara asesmen dimulai dengan opening meeting.
Kunjungi dan Baca Selengkapnya..

Refleksi dan Implementasi SAPM di PA Sewilayah PTA Bandarlampung

Refleksi dan Implementasi SAPM di PA Sewilayah PTA Bandarlampung
Bandar Lampung | pta-bandarlampung.go.id
Selasa, 26 Juni 2018, PTA Bandar Lampung menggelar acara yg bertajuk Implentasi SAPM PTA Bandar Lampung. bertempat di ruang rapat panitera dan sekretaris PTA Bandar Lampung, hadir 12 orang terpilih dari 9 satker sebagai pejuang SAPM. Dr. Drs. H Syahril. S.H., M.H. mengatakan ada sebuah pertanyaan  yg patut menjadi bahan refleksi bagi kita semua terkait diraihnya akreditasi A maupun B di masing-masing satker. 
Kunjungi dan Baca Selengkapnya..

Rakor PTA Bandar Lampung Bahas Tuntas SAPM dan Disiplin Kerja Hakim

Rakor PTA Bandar Lampung Bahas Tuntas SAPM dan Disiplin Kerja Hakim

Bandar Lampung | pta-bandarlampung.go.id

Kamis, 31 Mei 2018, "Seperti tak pernah kehabisan energi" rasanya ungkapan ini tidak terlalu berlebihan ditujukan kepada pimpinan dan seluruh jajaran di Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung. Bagaimana tidak, setelah satu minggu penuh bejibaku dengan pendampingan Asessor Eksternal SAPM, empat pengadilan agama yang cukup menguras energi, hari ini Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung menyelenggarakan Rapat Koordinasi Pengadilan Agama sewilayah Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung.

Tanpa kenal lelah, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung kali ini pun membahas dengan cukup mendalam mengenai program SAPM... Kunjungi dan Baca Selengkapnya..

Orientasi Calon Hakim pada Wilayah Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung

Orientasi Calon Hakim pada Wilayah Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung

 

 

Bandar Lampung, www.pta-bandarlampung.go.id

Pagi ini Jum’at, 11 Mei 2018 Aula PTA Bandarlampung dipenuhi oleh para calon hakim . Ada 28 calon hakim yang tersebar diberbagai Pengadilan Agama sewilayah PTA Bandarlampung, Kedua puluh delapan calon hakim ini pada umumnya masih relatif sangat muda. Mereka semua terlihat begitu bersemangat dan terlihat begitu antusias. Hal ini dibuktikan  dengan kedataangan mereka yang tepat waktu bahkan sejak pagi sebelum acara dimulai.

Kunjungi dan Baca Selengkapnya..

Lampung|pta-bandarlampung.go.id

Setan merupakan musuh nyata manusia yang akan selalu menyesatkan. Mereka akan mencari sebanyak-banyaknya teman untuk bersama masuk ke dalam lembah neraka. Kebencian mendalam terhadap manusia membuatnya melakukan segala cara agar manusia berpaling dari Allah SWT.

Allah SWT dalam Alquran Surat Al-A’raf: 16-17 menjelaskan bahwa setan akan mendatangi manusia dari empat arah yakni depan, belakang, kanan dan kiri.  Makna empat arah ini tentu tidak sedangkal yang dibayangkan.

Setan akan masuk dalam diri manusia dari arah depan. Hal ini dimaknai bahwa setan akan menggunakan kehidupan dunia untuk membuat manusia melupakan urusan akhirat. Tentu pandangan kita akan mengarah pada kehidupan duniawi seperti harta, tahta atau wanita. Inilah yang kehidupan yang jelas terlihat di depan mata manusia saat masih hidup di dunia.

Ketika gagal,  godaan dari “arah belakang” pun disodorkan Setan, yaitu jebakan melakukan dosa-dosa kecil, lebih mudah untuk diikuti dari tawaran sebelumnya. Iblis merayu manusia bahwa berbuat dosa itu manusiawi dan lagi pula, kata dia, Allah itu Maha Pengampun dan Maha Penyayang. Karena itu, masih ada kompensasi bertobat. Untuk orang-orang yang rawan godaan Iblis ini.

Nabi SAW mewanti-wanti: “Jangan meremehkan dosa kecil, karena dosa-dosa kecil akan menjadi besar bila orang menghimpunnya.” Dalam suatu riwayat, Ali bin Abi Thalib berkata, “Dosa paling besar adalah dosa yang dianggap kecil oleh pelakunya.”

Jika gagal merayu manusia dari arah depan dan arah belakang, Setan mendisain godaan ketiga, jebakan dari “arah kanan”. Arah kanan adalah tawaran untuk melakukan hal-hal yang mubah namun dapat melalaikan yang wajib. Olahraga pagi itu mubah namun jika dapat melalaikan kita dari masuk kantor tepat waktu, kita terjebak pada godaan ketiga ini.  Termasuk setan menghalangi kita untuk memberi bantuan kepada orang lain.

Jebakan yang terakhir datang dari arah kiri. Ini tawaran yang paling halus. Setan menggoda kita untuk berbuat maksiat, yang sangat mudah dilakukan oleh manusia yang lemah imannya.

Diriwayatkan, ketika Iblis mengatakan ucapannya tersebut, para malaikat menjadi kasihan kepada manusia, lalu mereka berkata: “Ya Allah, bagaimana mungkin manusia dapat terhindar dari jebakan Iblis dan setan.

Allah menjawab masih tersisa dua arah: atas dan bawah, “Jika manusia mengangkat kedua tangannnya dalam doa dengan penuh rendah hati atau bersujud dengan dahinya di atas tanah dengan penuh kekhusyukan, Aku akan mengampuni dosa-dosa mereka.” (HR.Thabrani).

Waspadalah, semoga kita selalu berhati-hati dalam kehidupan ini dengan selalu bersujud kepada-Nya, sehingga  kita bisa terhindar dari godaan setan yang terkutuk. Demikian disampaikan Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung Drs. H.Nasihin Mughni,MH, dalam Tausiyahnya di Masjid Al Mahkamah Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung ba’da Shalat Ashar pada Rabu 9 Agustus 2017, yang diikuti oleh Wakil Ketua, Hakim Tinggi, Pejabat Struktural dan Fungsional serta seluruh pegawai  Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung. (SA)

Buat komentar

Kode keamanan
Refresh

  1. PENGADUAN
  2. BANTUAN HUKUM
  3. PERMOHONAN INFORMASI
  4. STANDAR PELAYANAN
  5. DIREKTORI PUTUSAN BANDING

   Syarat dan tata cara pengaduan mengacu pada Lampiran Keputusan  Ketua Mahkamah Agung RI No. 076/KMA/SK/VI/2009 tanggal 4 Juni 2009, tentang Pedoman Pelaksanaan Penanganan Pengaduan di Lingkungan Lembaga Peradilan.

(Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor : 076/KMA/SK/VI/2009 Tentang Pedoman Pelaksanaan Penanganan Pengaduan Di Lingkungan Lembaga Peradilan)


 

Mahkamah Agung RI pada tanggal 9 Januari 2014 telah menerbitkan Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan.

 


 


Ketua Mahkamah Agung RI pada tanggal 5 Januari 2011 telah  menerbitkan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 1-144/KMA/SK/I/2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan.