1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

Orientasi Calon Hakim pada Wilayah Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung

Orientasi Calon Hakim pada Wilayah Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung

 

 

Bandar Lampung, www.pta-bandarlampung.go.id

Pagi ini Jum’at, 11 Mei 2018 Aula PTA Bandarlampung dipenuhi oleh para calon hakim . Ada 28 calon hakim yang tersebar diberbagai Pengadilan Agama sewilayah PTA Bandarlampung, Kedua puluh delapan calon hakim ini pada umumnya masih relatif sangat muda. Mereka semua terlihat begitu bersemangat dan terlihat begitu antusias. Hal ini dibuktikan  dengan kedataangan mereka yang tepat waktu bahkan sejak pagi sebelum acara dimulai.

Kunjungi dan Baca Selengkapnya..

"PTA BANDARLAMPUNG SIAP BANTU PENGADILAN AGAMA DAPATKAN PREDIKAT A EXELLANCE"

Bandarlampung, www.pta-bandarlampung.go.id

Semakin dekatnya waktu assesment eksternal, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bandarlampung berpesan agar pendamping yang telah ditunjuk yaitu: Wakil Ketua, Panitera Tingkat Banding dan Kasubbag. Kepegawaian dan Teknologi Informasi  untuk PA Metro dan PA Tanjungkarang sedangkan Hakim Tinggi Bpk. Drs. H. MAKMUN, S.H., M.H., Panitera Muda Banding Bpk. Drs. ERWIN ROMEL, M.H., Serta Kepala Bagian Perencanaan dan Kepegawaian  Bpk. YOSRINALDO SYARIEF, S.H., M.H. dan Kepala Sub Bagian Tata Usaha dan Rumah Tangga Bpk. MUHAMMAD AGUS WIBOWO, S.H., M.H. untuk zona ata... Kunjungi dan Baca Selengkapnya..

Deklarasi SAPM PTA Lampung

Deklarasi SAPM PTA Lampung

PTA Bandar Lampung, Siap Implementasi SAPM Tingkat Banding

www.pta-bandarlampung.go.id

Sejak bergulirnya program Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM) khususnya dilingkungan Pengadilan Agama, sangat terasa perubahan mendasar dalam hal budaya kerja utamanya dalam hal pemberian pelayanan kepada masyarakat pengguna jasa Pengadilan Agama semakin mengalami peningkatan, oleh karena  sistem SAPM sangat baik sehingga harus diimplementasikan di Pengadilan Tinggi Bandar Lampung, demikian dikatakan Drs. H. Endang Ali Ma’sum... Kunjungi dan Baca Selengkapnya..

PTA BANDAR LAMPUNG GELAR RAKOR DI PA METRO

PTA BANDAR LAMPUNG GELAR RAKOR DI PA METRO


pta-badarlampung.go.id | Metro, 16 Maret 2018


Rapat koordinasi Panitera dan Bidang Kesekretariatan yang sedianya diadakan di Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung, kali ini diselenggarakan di Pengadilan Agama Metro. Hal ini bukan tanpa alasan ada beberapa alasan mengapa kegiatan ini akihrnya diselenggarakan di Pengadilan Agama Metro. Selain menghindari kejenuhan, diharapkan pata peserta yang tidak lain adalah Sekretaris, Panitera dan para Kasubag sewilayah Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung dapat menjadikan gedung kantor baru Pengadilan Agama Metro sebagai acuan ketika melakukan renovasi ataupun perubahan gedung kantor baru.

Kunjungi dan Baca Selengkapnya..

KPN MAKMUR PENGADILAN TINGGI AGAMA BANDAR LAMPUNG MENGGELAR RAT TAHUN BUKU 2017

KPN MAKMUR PENGADILAN TINGGI AGAMA BANDAR LAMPUNG MENGGELAR RAT TAHUN BUKU 2017


pta-bandarlampung.go.id | Bandar Lampung
Rapat Aggota Koperasi Pegawai Negeri (KPN) Makmur menggelar RAT Tahun Buku 2017 dengan tema : “Dengan semangat pengabdian dan kemandirian dalam rangka mengingkatkan kesejahteraan anggota” akhirnya berhasil digelar pada Rabu, 14 Maret 2018.

Penyelanggaraan Rapat Anggota Tahunan ini adalah bentuk pelaksanaan dari amanat UU Nomor 25 Tahun 1992 Tentang Perkoperasian, Pasal 22 Ayat 1 dimana forum ini merupakan pemegang kekuasaan tertinggi dalam koperasi. Di dalam forum inilah semua kebijakan dan program kerja di tahun 2018 dapat ditentukan berdasarkan evaluasi kinerja petugas tahun... Kunjungi dan Baca Selengkapnya..

RAPAT KOORDINASI PENGADILAN AGAMA SEWILAYAH PTA BANDARLAMPUNG

RAPAT KOORDINASI PENGADILAN AGAMA SEWILAYAH PTA BANDARLAMPUNG


 

pta-bandarlampung.go.id | Bandarlampung
Hari Rabu tanggal 7 maret 2018 tepat pukul 13.00, bertempat di Aula Ruang Sidang Pengadilan Tinggi Agama Bandarlampung, diadakan rapat koordinasi Ketua, Panitera dan Sekretaris Pengadilan Agama sewilayah PTA Bandarlampung.

Rapat koordinasi dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bandarlampung Bapak Drs. H. Endang Ali Ma'sum, S.H., M.H.. Pada kesempatan tersebut beliau menjabarkan poin-poin pembinaan yang disampaikan oleh Ketua Mahkamah Agung dalam Acara Rapat Pleno Laporan Tahunan  Mahkamah Agung Republik Indon... Kunjungi dan Baca Selengkapnya..

KPTA Bandar Lampung Lantik Dua Ketua PA

KPTA Bandar Lampung Lantik Dua Ketua PA

pta-bandarlampung.go.id| Bandar Lampung


Ada yang berbeda di Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung pagi ini (7/3/2018), selain parkiran kendaraan yang terlihat lebih padat dari hari biasanya, ada beberapa papan bunga ucapan selamat untuk kedua ketua pengadilan agama yang akan dilantik pagi ini.


Adapun orang yang berbahagia pagi ini adalah Drs. H. Asrori, S.H., M.H. (semula Wakil Ketua Pengadilan Agama Tanggamus Kelas  I.B menjadi Ketua Pengadilan Agama Tanggamus Kelas I.B) dan H. Zumrowi, S.Ag. (semula Wakil... Kunjungi dan Baca Selengkapnya..

Si LARA hadir di “Kampung Hukum” Jakarta Convention Center

Si LARA hadir di “Kampung Hukum” Jakarta Convention Center

Si LARA hadir di “Kampung Hukum” Jakarta Convention Center

www.pta-bandarlampung.go.id

Kamis, 1 Maret 2018 Mahkamah Agung Republik Indonesia menyelenggarakan Laporan Tahunan di Jakarta Convention Center yang dihadiri oleh Presiden RI, Menteri Pendayagunaan  Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Pimpinan dan Hakim Agung Mahkamah Agung RI, Duta Besar negara sahabat, Ketua Pengadilan Tingkat Banding empat lingkungan Peradilan, Ketua Pengadilan Tingkat Pertama empat lingkungan Peradilan di ibukota P... Kunjungi dan Baca Selengkapnya..

Bandar Lampung, www.pta-bandarlampung.go.id

Mengawali tahun 2018, Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung menyelenggarakan Rapat Kerja Daerah Peradilan Agama se-Provinsi Lampung yang dilaksanakan pada hari Kamis (1 /02) di Swissbell Hotel Lampung yang dihadiri oleh Sekretaris Mahkamah Agung RI, H. Achmad Setyo Pudjoharsoyo, SH,M.Hum

Sekretaris Mahkamah Agung : 2018 tahun bersih-bersih.

(Rakerda Peradilan Agama se-Provinsi Lampung Tahun 2018)

Mengawali tahun 2018, Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung menyelenggarakan Rapat Kerja Daerah Peradilan Agama se-Provinsi Lampung yang dilaksanakan pada hari Kamis (1 /02) di Swissbell Hotel Lampung yang dihadiri oleh Sekretaris Mahkamah Agung RI, H. Achmad Setyo Pudjoharsoyo, SH,M.Hum dan dalam acara pembukaan dihadiri oleh Gubernur Lampung yang diwakili oleh Staf Ahli bidang Politik, Hukum dan Pemerintahan, Ketua Pengadilan Tinggi Tanjungkarang, Ketua Pengadilan Negeri se-Provinsi Lampung dan Ketua PTUN Bandar Lampung.

Dalam sambutannya, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung Drs. H. Endang Ali Ma’sum, SH,MH mengatakan bahwa kehadiran Sekretaris Mahkamah Agung pada acara Rakerda ini akan memberikan suplemen dalam penyusunan program kerja Peradilan Agama se-Provinsi Lampung tahun 2018 ini, diharapkan sekretaris mahkamah agung dapat memberikan pembinaan dan pembekalan mengenai Kebijakan Mahkamah Agung Tahun 2018. H. Endang Ali Ma’sum menambahkan bahwa selama tahun 2017 Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung telah melakukan inovasi dan meraih prestasi  antara lain Implementasi Sistem Informasi Pelayanan Perkara (Si LARA) diseluruh Pengadilan Agama se-Provinsi Lampung dan Si LARA telah mendapat Penghargaan terbaik IV versi Lembaga Administrasi Negara Tahun 2017 untuk pelayanan publik, 5 Pengadilan Agama mendapat sertifikat Akreditasi Penjaminan Mutu,  serta meraih peringkat II Keterbukaan Informasi kategori Instansi vertikal se-Provinsi Lampung versi Komisi Informasi Provinsi Lampung, Prestasi – prestasi diatas akan terus diupayakan di tahun 2018 ini, sehingga perlunya program kerja yang baik dirumuskan melalui forum Rakerda, tambah H. Endang Ali Ma’sum.

Selanjutnya, Sekretaris Mahkamah Agung Republik Indonesia, H. Achmad Setyo Pudjoharsoyo, SH,M.Hum. Dalam acara pembukaan menyampaikan bahwa Kebijakan Mahkamah Agung tahun 2018 adalah tahun bersih-bersih, maksudnya adalah bahwa kita bertekad mengembalikan kepercayaan masyarakat terhadap lembaga peradilan dan menghentikan peristiwa-peristiwa yang mencemarkan nama baik peradilan (baca : Operasi Tangkap Tangan), Mahkamah Agung tidak lagi mentolelir jika ada aparatur Peradilan yang melakukan perbuatan tercela, untuk itu diminta kepada seluruh aparatur untuk melaksanakan aturan-aturan yang sudah ada terlebih Peraturan mahkamah Agung Nomor 7, 8 dan 9 Tahun 2017. Kemudian H. Achmad Setyo Pudjo Harsoyo memberikan apresiasi dan berterima kasih atas penyelenggaraan Rakerda yang dilaksanakan oleh Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung ini penting dilakukan dalam upaya menyusun program kerja yang akan dilaksanakan tahun 2018 yang tentunya akan mensupport visi dan misi Mahkamah Agung RI,  hendaknya rakerda ini diikuti oleh lingkungan peradilan lainnya, jika memungkinkan kedepan dilaksanakan Rapat Kerja Gabungan semua lingkungan Peradilan. Tema Rakerda “Peningkatan Kinerja berbasis Akreditasi Penjaminan Mutu menuju Peradilan Indonesia Yang Agung dan Modern” ini sangat relevan dengan kebijakan Mahkamah Agung RI karena Akreditasi ini merupakan salah satu Program Unggulan Mahkamah Agung, H. Achmad Setyo Pudjoharsoyo menekankan bahwa yang diakreditasi bukan hanya sarana dan prasarana pengadilan akan tetapi yang lebih penting diakreditasi adalah batin para aparatur untuk berkinerja dengan baik  memberikan pelayanan prima kepada masyarakat pencari keadilan. Mengakhiri pengarahannya H. Achmad Setyo Pudjoharsoyo, menyampaikan bahwa perlu adanya komunikasi yang serius dan intensif antar pimpinan (Ketua, Wakil Ketua, Panitera dan Sekretaris) dalam menerapkan dan melaksanakan kebijakan, jangan berjalan sendiri-sendiri.

Setelah selesai memberikan pengarahan H. Achmad Setyo Pudjo Harsoyo membuka secara resmi Rapat Kerja Daerah sekaligus meresmikan penggunaan aplikasi “Monitoring dan Validasi SIPP Pengadilan Agama se-Provinsi Lampung dan e-Pelaporan Perkara serta redesain website Peradilan Agama se-Provinsi Lampung sesuai standar Mahkamah Agung RI.

Rapat Kerja Daerah ini dilaksanakan selama sehari yang diikuti oleh Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung, Ketua, Wakil Ketua, Panitera dan Sekretaris Pengadilan Agama se-Provinsi Lampung dan Perwakilan Dharma Yukti Karini lingkungan Peradilan Agama. (ahid)

 

Komentar  

#1 April Yadi Aping Jum'at, 02 Februari 2018
Fantastis - Fokus, Fokus, dan Fokus ... Virus kebaikan harus senantiasa dibangunkan dan ditularkan (some times we need high contect comunication but NOW WE NEED MORE THAN LOW CONTECT COMUNICATION)

Buat komentar

Kode keamanan
Refresh

  1. PENGADUAN
  2. BANTUAN HUKUM
  3. PERMOHONAN INFORMASI
  4. STANDAR PELAYANAN
  5. DIREKTORI PUTUSAN BANDING

   Syarat dan tata cara pengaduan mengacu pada Lampiran Keputusan  Ketua Mahkamah Agung RI No. 076/KMA/SK/VI/2009 tanggal 4 Juni 2009, tentang Pedoman Pelaksanaan Penanganan Pengaduan di Lingkungan Lembaga Peradilan.

(Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor : 076/KMA/SK/VI/2009 Tentang Pedoman Pelaksanaan Penanganan Pengaduan Di Lingkungan Lembaga Peradilan)


 

Mahkamah Agung RI pada tanggal 9 Januari 2014 telah menerbitkan Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan.

 


 


Ketua Mahkamah Agung RI pada tanggal 5 Januari 2011 telah  menerbitkan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 1-144/KMA/SK/I/2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan.